Suka Ular Sejak Masih Duduk di Bangku SD

716
Muhammad Yusuf, memiliki beberapa jenis ular pyton di kediamannya di Jalan Denai, Medan.
Yusuf saat bermain bersama beberapa ekor ular pyton peliharaanya

tobasatu.com, MedanĀ | Ular mungkin hewan menakutkan untuk sebagian orang. Namun sebagian pula suka memeliharanya tak ubahnya seperti memelihara hewan kesayangan di kediamanya.

Seperti Yusuf, ia memiliki beberapa jenis ular pyton di kediamannya di Jalan Denai, Medan. Bahkan ular yang dipelihara pun sudah beranjak besar dan memiliki panjang minimal 3 meteran. Pemilik nama lengkap Muhammad Yusuf ini mengatakan kecintaan terhadap binatang telah ditanamkan dalam dirinya sejak masih duduk di bangku sekolah dasar.

“Sejak SD memang sudah suka memelihara bintang, dan dulu sukanya sama belut sebelum ular. Tapi pernah sekali dikerjain teman-teman, ular dikatain belut jadi dimain-mainin eh ternyata ular. Sejak itulah saya suka sama ular,” katanya.

Sebelum memelihara ular berjenis Python Molurus, Retic Bali Jawa dan Retic Sumatera serta beberapa ular pyton lainya, Yusuf mengaku pernah memelihara ratusan burung di kediamannya. “Ada sekitar 500 burung yang saya pelihara, namun perawatan untuk burung ribet dan tidak bisa ditinggal. Kemudian coba-coba memelihara reptil dan semakin hari kok rasanya semakin cinta,” ungkap Yusuf.

Awalnya keluarga sempat melarang Yusuf untuk memelihara hewan melata itu karena dirasa cukup berbahaya, namun setelah dikasih pengertian keluarga pun akhirnya menerima. “Sempat tidak dikasih, namun setelah kita kasih pengertian kalau hewan ini tidak akan buas kalau dirawat secara baik dan benar serta diberikan tempat layak, akhirnya bisa diterima,” imbuhnya.

Bagi Yusuf , merawat seluruh binatang kesayanganya itu bukanlah hal yang sulit. “Kesulitannya berbeda-beda ya, tergantung jenis hewannya. Tapi secara umum bukan masalah bagi saya, karena saya pelajari dulu semuanya sebelum memutuskan mengadopsinya di rumah,” ungkapnya.

Kendati mengatakan kalau perawatannya mudah, namun Yusuf mengaku pernah kecolongan yang berakibat beberapa ekor ular kesayanganya mati. Yusuf tak hanya menganggap sebatas hewan peliharaan, tapi sudah dia anggap seperti teman dekat yang juga patut disayang. (ts-03)

BACA JUGA  Pulang dari Kebun, Wanita di Sultra Dililit Ular
Loading...
loading...