Resmi Dilantik Jadi Presiden Prancis, Ini Janji Emmanuel Macron

13431

tobasatu.com, Prancis | Setelah dilantik sebagai Presiden Prancis yang baru, Emmanuel Macron berjanji akan membawa kembali kepercayaan diri Prancis di tengah ketidakstabilan global yang terjadi saat ini.

Upacara pelantikan Macron berlangsung pada Minggu (14/5/2017) pagi waktu setempat di Istana Elysee. Upacara tersebut menggunakan ritual dan tradisi Prancis. Macron datang menyusuri karpet merah yang telah digelar di istana dan disambut oleh Presiden Prancis sebelumnya, Francois Hollande. Keduanya berjabat tangan.

“Dunia dan Eropa membutuhkan Prancis lebih dari yang sebelumnya. Mereka membutuhkan Prancis yang kuat, yang yakin akan takdir. Prancis yang menjunjung tinggi kebebasan dan solidaritas. Saya yakin kekuatan Prancis seperti pada awal kelahiran kembali yang luar biasa,” kata Macron dalam pidatonya usai pelantikan, seperti dilansir CNN, Minggu (14/5/2017).

Usai dilantik, Macron akan mengumumkan nama Perdana Menteri dan kabinetnya pada Senin (15/5/2017). Ia mengatakan telah melihat satu kandidat pria dan wanita untuk mengisi posisi Perdana Menteri. Namun masih bungkam soal nama tersebut.

Macron menjadi Presiden termuda dalam sejarah Prancis. Di usia 39 tahun dia berhasil memenangi Pemilihan Presiden Prancis mengalahkan Le Pen. Macron berusia setahun lebih muda dari Napoleon Bonaparte saat menjabat Presiden Prancis pada 1848.

Dari hasil penghitungan suara, Kementerian Dalam Negeri Prancis menyatakan Macron meraup 66,06 persen suara jauh mengungguli rivalnya, Marine Le Pen, yang hanya meraup 34 persen suara dalam Pilpres yang digelar Minggu (7/5) waktu setempat. (ts)

BACA JUGA  Kelelahan Jadwal Padat, Alasan Prancis Alami Kekalahan dari Portugal
Loading...
loading...