Anggota Tim Penggerak PKK Asahan Diminta Pro Aktif Tangani Gizi Buruk

236
Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Winda Fitrika ketika memberikan arahan dan bimbingan dalam rapat teknis di Kisaran, Kamis (18/5/2017).(tobasatu.com).

tobasatu.com, Asahan l Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Asahan Winda Fitrika mengimbau kepada seluruh anggota TP PKK Kecamatan supaya lebih pro aktif dalam penaganan gizi buruk di daerahnya masing masing. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membentuk Kelompok Dasa Wisma, satuan terkecil dari TP PKK.

“Saya berharap anggota PKK yang ada di kecamatan dapat lebih fokus dalam penanganan gizi buruk. Penanganan gizi buruk adalah salah satu prioritas program kerja kita,” kata Winda dalam acara rapat teknis PKK Kabupaten Asahan, di Kisaran, Kamis (18/5/2017).

Untuk itu, Winda meminta kepada TP PKK Kecamatan dapat menginisiasi pembentukan kelompok Dasa Wisma di dusun masing masing kecamatan. Dasa Wisma merupakan kelompok yang terdiri dari 10 ibu rumah tangga yang bertetangga. “Kepala dusun dapat ditunjuk langsungĀ  sebagai ketua,” katanya.

Menurut Winda, Dasa Wisma dapat berperan sebagai satuan terkecil TP PKK dalam kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap kemungkinan terjadinya penyakit dan masalah kesehatan lainnya. “Dengan adanya kelompok Dasa Wisma, tindakan penanggulangan dan pencegahan penyakit dapat lebih cepat dilakukan,” katanya.

Sebagai mitra kerja Pemkab Asahan, Winda berharap TP PKK dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Asahan. “Jadi, mari sama sama kita saling bahu membahu, demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya.

Dalam bimbingan dan arahannya, Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang meminta TP PKK dapat meningkatkan kinerjanya demi terwujudnya Asahan yang sehat, religius, cerdas dan mandiri. Untuk itu, TP PKK diharapkan dapat menyelaraskan seluruh program kerja sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Asahan tersebut.

“TP PKK adalah mitra kerja Pemkab Asahan. TP PKK harus bisa memandirikan masyarakat demi meningkatkan kesejahteraan keluarga, yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteran masyarakat Asahan,” kata Taufan dalam sambutannya, yang dibacakan oleh Asisten I, Taufik Za. (ts-20).