Mahasiswa USU Ikuti Pelatihan IT di Markas Google

636
M Fachrin Aulia Nasution berfoto di depan perusaahan digital ternama dunia, google, di Amerika Serikat. (tobasatu.com).

tobasatu.com, Medan | Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU), M Fachrin Aulia Nasution, terpilih untuk mewakili Sumut mengikuti program Indonesia Next di Silicon Valley, Amerika Serikat,  pada April 2017 yang lalu.

Mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi Fakultas Ilmu Komputer & Teknologi Informasi USU 2014 itu berkesempatan mengunjungi markas Google yang merupakan perusahaan digital raksasa dunia, dan mendapatkan pelatihan mengenai teknologi informasi (IT).

Fachrin merupakan 1 dari 18 delegasi mahasiswa di Indonesia yang terpilih dengan seleksi ketat untuk dapat mengikuti short course di perusahaan digital ternama kelas dunia itu. Program sertifikasi ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan mempersiapkan keahlian profesi mahasiswa dalam menghadapi persaingan global yang lebih kompetitif.

Rangkaian program Indonesia Next  ini diadakan di enam perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia, yakni Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya (25 Oktober), Universitas Sumatera Utara (USU) Medan (14 November), Universitas Indonesia (UI) Depok (17 November), Institut Teknologi Bandung (ITB) (21 November), Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar (28 November), dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta (8 Desember).

Fachrin sendiri merasa sangat bangga akan pencapaian ini dan menceritakan pengalaman apa saja yang didapatnya. Mengembangkan pola pikir, problem solving terhadap berbagai isu, public speaking, dan mengetahui bagaimana pengembangan bisnis start-up dan lainnya merupakan beberapa pengalaman yang didapat oleh Fachrin dan rekan ketika mengikuti acara tersebut.

Universitas Sumatera Utara merupakan satu-satunya Universitas dari Sumatera yang mendapat kesempatan untuk mengirimkan perwakilan Sumatera di acara ini. Prestasi mahasiswa/mahasiswi ini patut diacungkan jempol dan sudah sepatutnya anak muda diberikan kesempatan untuk berkarya lebih lagi.

Sebelum diberangkatkan ke Amerika, Fachrin yang merupakan kelahiran 17 Oktober 1996 dan pernah  mengecap pendidikan SMA di sekolah Saffiyyatul Amaliyah Medan ini terlebih dahulu mendapatkan pelatihan di Kibar, Jakarta, selama 3 hari.

BACA JUGA  Pahlawan Nasional Perlu Dijadikan Sumber Pembangunan Karakter Bangsa

Pria yang sudah menggemari bidang IT sejak ia duduk dibangku SMA ini saat berada di Amerika, mengikuti pelatihan di GSV Labs, Amerika Serikat. Fachrin juga mengunjungi Google Headquarters, Google Launchpad Accelator, Intel Headquarters, Airbnb dan Declara. (sastra ramanda)

Loading...
loading...