Hasil Uji BP POM, Takzil di Kota Kisaran Bebas Zat Berbahaya

358
ilustrasi takjil
foto ilustrasi

tobasatu.com, Asahan l Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BP POM) di Medan memastikan jajanan berbuka puasa (takjil) yang dipasarkan di Kota Kisaran layak konsumsi dan aman.

Dari puluhan jenis makanan yang diuji sebagai sampel, tak satupun takjil ditemukan mengandung bahan berbahaya atau tidak memenuhi syarat dikonsumsi.

“Ada 30 jenis makanan yang diambil sebagai sampel untuk diuji. Hasilnya, semua sampel takjil yang diambil memenuhi syarat sebagai makanan yang layak untuk dikonsumsi dan aman,” kata Kadis Kominfo Kabupaten Asahan Rahmat Hidayat Siregar kepada wartawan, di Kisaran, Selasa (20/6/2017).

Kepastian keamanan mengonsumsi takzil tersebut dileroleh dari hasil laporan operasional mobil laboratorium keliling milik BP POM Medan dalam rangka pengawasan takzil. Diketahui, BP POM di Medan telah melakukan pemeriksaan dari beberapa lokasi di pasar takzil Kisaran, Rabu (7/6/2017).

Selain memastikan takzil aman dan layak konsumsi, Hidayat menjelaskan, tujuan pengawasan tersebut juga sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat supaya dapat memilih jajanan bebas dari bahan berbahaya seperti boraks dan formalin.

“Meskipun berbahaya, boraks dan formalin kerap dijadikan pedagang nakal untuk membuat makanan supaya lebih tahan lama, sehingga dianggap dapat mengurangi resiko kerugian,” kata Hidayat.

Jika mengacu pada hasil uji laboratorium tersebut, Hidayat berlendapat, hal itu menandakan bahwa para pedagang di Kota Kisaran telah menyadari pentingnya membuat dan menjual jajanan sehat.

“Kita patut bersyukur, kalau masyarakat khususnya para pedagang makanan, tidak hanya mengambil keuntungan saja. Tapi sudah mulai berpikir bagaimana membuat makanan sehat, ” pungkasnya. (ts-20)

BACA JUGA  BKM Masjid Agung Medan Sampaikan Apresiasi untuk Donatur Paket Takjil Selama Ramadhan
Loading...
loading...