Ormas Islam Sampaikan Pernyataan Sikap Terkait Aksi Penyerangan Mapolda Sumut

993
Pimpinan Ormas Islam menandatangani pernyataan sikap terkait aksi penyerangan Mapolda Sumut, Selasa (4/7/2017). (tobasatu.com).

tobasatu.com, Medan | Sejumlah Ormas Islam di Kota Medan menyesalkan dan mengutuk aksi penyerangan Markas Polda Sumut yang terjadi Minggu (25/6/2017) lalu.

Pernyataan itu diungkapkan sejumlah pimpinan Ormas Islam saat acara Zikir dan Doa Bersama yang digelar Pemerintah Kota Medan di Lapangan Merdeka Medan, Selasa (4/7/2017).

Ormas Islam yang menyampaikan pernyataan sikap diantaranya dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan, Keluarga Besar Al Jami’atul Wasliyah Kota Medan, Keluarga Besar Muhammadiyah Kota Medan, Pengurus Nahdatul Ulama Kota Medan, Pengurus Daerah Al-Ittihadiyah Kota Medan, Majelis Silaturahmi Ustadz/Ustadzah Kota Medan, IPHI Kota Medan, Forum KBIH Kota Medan, Pimpinan BKMT kota Medan dan Al Hidayah Kota Medan.

Pernyataan sikap ini disampaikan untuk menyikapi aksi penyerangan terhadap Mapolda Sumut oleh kelompok Jemaan Ansharut Daulah (JAD), Minggu (25/7) dinihari yang menyebabkan gugurnya anggota Yanma Polda Sumut, Ipda (anumerta) M Sigalingging.  Dalam pernyataan sikap dibacakan Ketua Majelis Silaturahmi Ustad/Ustadzah Kota Medan, Sangkot Saragih, Ormas Islam  menyampaikan 4 butir pernyataan sikap.

Selain menyesalkan aksi penyerangan dan menggolongkan aksi ini tidak beradab dan tidak berperikemanusiaan, mereka juga berharap agar Polri menjadikan musibah ini untuk lebih mawas diri dan mengambil tindakan tegas sehingga aksi penyerangan tidak terjadi lagi di Kota Medan.

Kemudian  mengajak para tokoh agama turut meningkatkan pengawasan terhadap kegiatan-kegiatan yang dapat menganggu ketenangan dan ketertiban masyarakat, serta aktif menjalin kerjasama dengan Lurah, Babin Kantimbas, Babinsa dan kepling mengawasi adanya warga yang mencurigakan.

Sedangkan yang terakhir, Ormas Islam Kota Medan menyatakan mendukung penegakan supremaasi hukum yang dilakukan pemerintah dan Polri demi terjaganya ketertiban dan keamanan di tengah-tengah masyarakat dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

BACA JUGA  Penandatanganan KUA-PPAS, DPRD – Pemko Sepakati RAPBD Medan 2018 Sebesar Rp5,4 Triliun

Usai membacacakan pernyataan sikap, masing-masing perwakilan Ormas Islam Medan kemudian menandatangani pernyataan sikap tersebut. Setelah selesai, Ketua MUI Kota Medan, Prof DR M Hatta menyerahkan pernyataan sikap itu kepada Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi didampingi Wakil Wali kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi, Kapolretabes Medan, Kombes Pol  Sandi Nugroho, Dandim 0201/BS, Kol Inf Bambang Herqutanto, Kapolres Belawan, AKBP Yemi Mandagi, Dandenpom 1/5 Medan, Letkol Mar Abdi Zuna Tambunan, serta Wakil Ketua DPRD Medan, H Iswanda Nanda Ramli. (ts-02)