DPRD Setujui Laporan Pertanggungjawaban APBD Asahan 2016 Dengan Silpa Rp262 Miliar

423
DPRD Setujui Laporan Pertanggungjawaban APBD Asahan 2016 Dengan Silpa Rp. 262 Miliar
Ketua DPRD Asahan Benteng Panjaitan ketika menandatangani berita acara persetujuan SILPA, pada rapat paripurna laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2016 di gedung DPRD Kabupaten Asahan, Kisaran, Selasa (18/7/2017).

tobasatu.com, Asahan | Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Asahan menyetujui laporan pertanggung jawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Asahan tahun anggaran 2016.

Dari 7 fraksi di DPRD Asahan, yakni 6 Fraksi menyatakan setuju atas laporan pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Asahan 2016 tersebut dengan sisa lebih pembiayaan anggaran (SILPA) sekitar Rp262 miliar lebih.

(Baca JugaBanyak Proyek Gagal, SILPA ASAHAN 2016 RP 262.681.269.364)

APBD Kabupaten Asahan 2016 yang terealisasi sebesar Rp1,4 triliun, dari Rp1,6 triliun yang telah disahkan sebelumnya. Sedangkan 1 fraksi lainnya, yakni Fraksi Hanura tidak mengambil sikap setuju atau tidak terhadap laporan pertanggung jawaban pelaksanaan APBD 2016 tersebut.

“Dari 7 fraksi, hanya Fraksi Hanura yang tidak menyatakan sikap setuju atau tidak”, kata Ketua DPRD Asahan, Benteng Panjaitan dalam rapat paripurna tentang penyampaian pandangan akhir fraksi fraksi terhadap pertanggungjawaban pelaksanaan APPBD 2016, di Kisaran, Selasa (18/7/2017).

Adapun keenam fraksi yang menyatakan setuju, yakni Fraksi Golkar, Fraksi PDIP, Fraksi PAN, Fraksi Hanura, Fraksi Gdrindra dan Fraksi Kedaulatan Umat. Kendati menyatakan setuju, Fraksi Gerinda dalam pandangan akhir yang disampaikan oleh Baharuddin Harahap menyayangkan besarnya jumlah SILPA tersebut.

Hal itu menandakan serapan anggaran Pemerintah Kabupaten Asahan terhadap APBD masih rendah, sehingga mengakibatkan banyaknya kegiatan pembangunan gagal direalisasikan.

“Untuk itu Fraksi Gerindra mengimbau agar pihak eksekutif meningkatkan kualitas SDM (sumberdaya manusia) nya, sehingga bisa lebih profesional dalam sistem administrasi dan dalam menyusun laporan keuangan,” katanya.

Sementara itu, Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang mengucapkan terima kasih kepada pihak legislatif atas disetujuinya laporan pertanggung jawan pelaksanaan APBD 2016 itu.

Dengan telah disetujuinya Ranperda tersebut, maka tahap berikutnya, Ranperda tersebut akan disampaikan kepada Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) untuk di evaluasi, apakah sesuai dengan kepentingan umum dan peraturan perundang undangan yang lebih tinggi. (ts-20)

BACA JUGA  Dua Paslon Bupati Asahan Medical Check-up di RSUP Adam Malik
Loading...
loading...