Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Gubsu Imbau Setiap Daerah Gelar Kegiatan Seni dan Budaya

495
Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Gubsu Imbau Setiap Daerah Gelar Kegiatan Seni dan Budaya
Gubsu Tengku Erry Nuradi disaksikan Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang ketika memukul gong, dalam acara peresmian pembukaan PSBD Kabupaten Asahan 2017, di Kisaran, Kabupaten Asahan, Senin (24/7/2017)

tobasatu.com, Asahan | Gubernur Sumatera (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mengimbau kepada Pemerintah kabupaten/kota supaya menggelar kegiatan seni dan budaya secara teratur dan terjadwal dengan baik. Tujuannya adalah untuk menarik dan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia, termasuk Sumut.

Imbauan tersebut disampaikan Gubsu saat meresmikan pembukaan Pentas Seni dan Budaya Daerah (PSBD) ke III Kabupaten Asahan 2017, di Kisaran, Senin (24/7/2017). “Jika kegiatan pagelaran seni dan budaya digelar di setiap masing masing kabupaten/kota secara rutin dan terjadwal, tentunya akan menarik dan meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara berkunjung ke Sumut”, katanya.

Gubsu menjelaskan, Provinsi Sumut memiliki 33 kabupaten/kota. Jika kabupaten/kota menggelar pagelaran seni dan budaya setiap tahun, maka akan ada 33 even yang digelar di Sumut. “Artinya, jika dipotong satu bulan, yakni Ramadhan, maka ada 3 even wisata dan budaya yang digelar di Sumut setiap bulannya”, katanya.

“Jika hal itu terwujud, kedepan, Pemprovsu akan membuat kalender wisata seni dan budaya Sumut. Kalender wisata seni dan budaya itu nantinya akan dipromosikan diberbagai media, sehingga dapat diketahui dunia luar dengan harapan kunjungan wisatawan ke Sumut meningkat” sambungnya.

Gubsu menambahkan, sebagai daerah yang memiliki keberagaman etnis suku dan budaya, Sumut harus bisa berkontribusi sebagai penyumbang devisa terbesar dari sektor pariwisata.

Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Gubsu Imbau Setiap Daerah Gelar Kegiatan Seni dan Budaya (1)
Gubsu ketika menyaksikan atraksi dua atli pencak silat dalam acara peresmian pembukaan PSBD Kabupaten Asahan 2017, di Kisaran, Kabupaten Asahan, Senin (24/7/2017)

Secara garis besar, Sumut memiliki 3 etnis, yakni etnis lokal yang terdiri dari 8 suku, etnis nusantara dan etnis mancanegara. “Menteri Pariwisata, telah mencanangkan kunjungan 1 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia. Kalau bisa, 1 jutawan itu disumbang oleh Sumut”, katanya.

Dalam kesempatan itu, Gubsu memberikan apresiasi ke Pemkab Asahan atas terselenggaranya pagelaran seni dan budaya itu. “Saya memberikan apresiasi setinggi tingginya kepada Pemkab Asahan, atas terselenggaranya pagelaran seni dan budaya ini. Kalau bisa, kegiatan sepert ini terus dipertahankan”, katanya.

BACA JUGA  Nelayan Protes Pas Kecil Dishub Laut Kab. Asahan

Melalui kegiatan itu, Gubsu berharap dapat menghasilkan hal hal positif, yakni meningkatkan partisipasi dan apresiasi masyarakat, serta mampu meningkatkan rasa kecintaan terhadap seni budaya dalam rangka menata kehidupan, baik itu aspek sosial, ekonomi, politik maupun dibidang bidang lainnya.

“Selain itu, kegiatan ini saya harapkan dapat menjadi ruang silaturrahmi dan interaksi para seniman, sehingga bisa menjadi tolak ukur seni, dimana keberadaannya mampu berkontribusi bagi pariwisata dan meningkatkan citra wilayah Sumut”, pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang mengatakan, terselenggaranya pagelaran seni dan budaya itu merupakan cerminan keharmonisan keberagaman etnis yang ada di Asahan.

“Asahan memiliki 14 etnis yang terdiri dari 8 etnis lokal, 4 etnis nusantara dan 2 etnis mancanegara.Keanekaragaman etnis dan budaya yang ada di Asahan merupakan aset tak ternilai, yang telah mewarnai peta pembangunan di Asahan”, katanya

Taufan mengatakan, kegiatan tersebut terselenggara berkat kerjasama yang baik antara Pemkab Asahan dan Forkala Asahan. “Kepada tokoh adat, tokoh masyarakat dan masyarakat, mari kita jadikan kegiatan seni dan budaya ini untuk mengembangkan adat dan istiadat dalam budaya lokal”, tandasnya.

Peresmian PSBD Kabupaten Asahan ke III 2017 itu ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubsu. Diketahui, PSBD Kabupaten Asahan ke III 2017 digelar dari mulai tanggal 24 Juli hingga 8 Agustus di lapangan PSBD jalan Ir Sutami Kisaran. (ts-20).

Loading...
loading...