Hibah Anggaran Pilgubsu 2018 Selambatnya Diteken Akhir Juli

449
Ketua KPUD Sumut Mulia Banurea ketika beraudiensi dengan Gubernur Sumut HT Erry Nuradi, Selasa (25/7/2017). (tobasatu.com).

tobasatu.com, Medan | Pemerintah Provinsi Sumatera Utara telah menyetujui anggaran Pemilihan Gubernur Sumut (Pilgubsu) tahun 2018 sebesar Rp855.940.086.000.

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumatera Utara berharap agar penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) selambatnya dilakukan pada akhir Juli, sesuai Surat Edaran dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang mendorong daerah mencairkan dana pelaksanaan pilkada serentak. Hal ini dilakukan, melihat masih banyak daerah yang belum rampung menanda-tangani naskah pejanjian hibah daerah (NPHD).

“Sudah ada kesepakatan dengan Gubernur Sumatera Utara untuk anggaran Pilgub. Kemarin itu ada surat edaran dari Mendagri, yang menyatakan agar gubernur dan bupati/walikota se-Indonesia yang melaksanakan Pilkada agar NPHD dilaksanakan sebelum tanggal 31. Kita berkoordinasi kepada Gubernur Sumut, agar sebelum tanggal 31 Juli ini kita telah melaksanakan penandatangan NPHD itu,” tutur Ketua KPUD Sumut Mulia Banurea, usai melakukan pertemuan dengan Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi, Selasa (25/7/2017) di ruang kerja gubernur.

Menurut Mulia Banurea, setelah dilakukan penandatanganan dan dilakukan pencairan maka selanjutnya KPUD Sumut akan melakukan sosialiasi terkait tahapan termasuk membuat jingle dan maskot Pemilu.

Dijelaskan Mulia, dalam pembicaraan dengan Gubernur HT Erry Nuradi juga disepakati sharing anggaran dengan KPU kabupaten/kota, dimana untuk membayarkan honor Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) akan ditanggulangi Pemprovsu, sementara honor PPK dan PPS ditanggulangi kabupaten/kota.

Dengan dilakukannya sharing anggaran ini, menurut Mulia Banurea telah terjadi penghematan sebesar Rp164 miliar, dari dana awal yang diajukan KPUD Sumut sebesar Rp995 miliar. (ts-02)

BACA JUGA  Ketua DPRD Medan : Satu Suara Menentukan Siapa Pemimpin Sumut
Loading...
loading...