Ikuti Raimuna Nasional 2017, Kontingen Pramuka Kwarcab Medan Bertolak ke Cibubur

224
Asisten Umum Setdakot Medan Ikhwan Habibi, melepas keberangkatan kontingen Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Medan mengikuti Raimuna Nasional 2017 di Jakarta, yang rencananya akan bertolak ke Cibubur, Jakarta pada Jumat (11/8/2017). (tobasatu.com).

tobasatu.com, Medan | Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin diwakili Asisten Umum Setdakot Medan Ikhwan Habibi, melepas keberangkatan kontingen Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Medan mengikuti Raimuna Nasional 2017 di Jakarta, yang rencananya akan bertolak ke Cibubur, Jakarta pada Jumat (11/8/2017), pagi ini.

Kontingen yang berjumlah 36 orang ini akan mengikuti kegiatan Raimuna Nasional 2017 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur  13-21 Agustus mendatang.  Mereka akan bergabung dengan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dari seluruh Indonesia.

Didampingi Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, H.Husni SE MSi selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan dan Kabag Humas Setdakot Medan, Ridho Nasution selaku Sekretaris Kwarcab,  Ikhwan berpesan agar seluruh kontingen yang akan berangka ke Cibubur memiliki semua kualitas yang dibutuhkan untuk menjadi pramuka sejati.

Ikhwan mengingatkan, hal paling pentingdalam pelatihan pramuka adalah pendidikan, bukan instruksi. Artinya, paling diutamakan dalam kegiatanpelatihan pramuka yaitu capacity building para anggotanya, bukan perintah dan instruksi yang menandakan adanya sistem hirarki dalam suatu struktur kelembagaan.

Menurut Ikhwan, pendidikan pramuka juga mengajarkan kemandirian, kerjasama, persahabatan, kepercayaan diri, kesehatan fisik dan mental serta moral yang luhur. Melalui proses yang panjang, Ikhwan yakin anggota pramuka  bisa menjadi manusia-manusia unggul dan selalu bis diandalkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

“Saya yakin seorang anggota pramuka tidak akan pernah tersesat karena mampu membaca tanda-tanda alam dan memiliki kualitas yang dibutuhkan untuk mampu bertahan menghadapi gelombang kehidupan dan keluar sebagai pemenang. Untuk itu saya berpesan agar teruslah menjadi pramuka yang sejati,” pesannya.

Pelepasan kontingen pramuka ini ditandai dengan penyerahan bendera kontingen yang dilakukan Asisten Umum kepada pimpinan kontingen.  Selanjutnya, mantan Kabag Hukum Setdakot Medan itu memasa ngkan atribut  kontingen berupa jeket kepada dua anggota pramuka secara simbolis.

Usai acara pelepasan dilakukan, Kakwarcab Pramuka Kota Medan, H.M Husni didampingi Sekretaris, Ridho Nasution  selanjutnya memberikan pembekalan kepada seluruh kontingen. Direncanakan, kontingen akan bertolak menuju Cibubur, Jumat (11/8). Husni  berpesan agar seluruh kontingen  terus menjaga kekompakan dan nama baik Kota Medan. (ts-02)