Kurangi Ketergantungan Beras, Masyarakat Diimbau Konsumsi Menu Beragam Berbasis Sumberdaya Lokal

282
Kurangi Ketergantungan Beras, Masyarakat Diimbau Konsumsi Menu Beragam Berbasis Sumberdaya Lokal
Asisten II Setda Kab Asahan Jhon Hardy Nasution didampingi Kadis Ketahanan Pangan Amir Husin ketika berbincang dengan seorang peserta, pada Lomba Cipta Menu Berbasis Sumberdaya Lokal Tingkat Kabupaten Asahan, Kisaran, Selasa (22/8/2017).

tobasatu.com, Asahan | Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Asahan Amir Husein mengimbau masyarakat untuk mengonsumsi makanan dengan menu beragam melalui penganekaragaman olahan pangan berbasis sumberdaya lokal.

Selain untuk memenuhi kebutuhan, pola makan dengan menu beragam tersebut dapat mengurangi ketergantungan terhadap beras sebagai bahan makanan pokok.

Imbauan tersebut disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Asahan Amir kepada tobasatu.com disela sela kegiatan Lomba Cipta Menu Berbasis Sumberdaya Lokal Tingkat Kabupaten Asahan, Kisaran, Selasa (22/8/2017).

“Asahan kaya akan hasil pertanian yang pada dasarnya bisa dijadikan sebagai bahan mahanan pokok seperti ubi, talas, pisang sukun dan lainnya. Jika diolah dengan baik, bisa dijadikan sebagai bahan makanan pokok selalin beras”, katanya.

Menurut Amir, mengubah kebiasaan makan dari mengonsumsi beras sebagai bahan makanan pokok beralih ke bahan makanan selain beras tidak mudah. Namun, melaui penganekaragaman makananan, konsumsi beras diharapkan bisa berkurang.

“Selain itu, penganekaragaman makanan bisa meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga. Jika diolah dan dikemas dengan baik, tentunya memiliki nilai jual tinggi”, katanya.

Melalui kegiatan Lomba Cipta Menu Berbasis Sumberdaya Lokal Tingkat Kabupaten Asahan tersebut, Amir berharap akan tercipta beragam menu makanan yang bergizi, seimbang dan aman dikonsumsi.

Sementara itu, Asisten II Setdakab Asahan Jhon Hardy Nasution berharap, penganekaragaman makanan tidak hanya dilakukan pada kegiatan lomba saja. Namun, harus bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari, sehingga kebutuhan gizi keluarga dapat terpenuhi.

“Pemerintah dan masyarakat harus bersinergi. Sehingga, salah satu visi misi Kabuapaten Asahan, yakni, Asahan yang sehat, bisa terwujud”, kata Jhon Hardy, membacakan kata sambuatan Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang. (ts-20)

BACA JUGA  Kistim Raih Juara Umum Porkab Asahan 2017
Loading...
loading...