400 Bilal Mayit di Asahan Dibekali Pengetahuan Tentang Fardhu Kifayah

422
400 Bilal Mayit di Asahan Dibekali Pengetahuan Tentang Fardhu Kifayah
Para Pemateri ketika memberikan pelatihan pelaksanaan Fardu Kifayah kepada sejumlah Bilal Mayit di aula Kantor MUI Asahan, Kisaran Rabu (23/8/2017).

tobasatu.com, Asahan | Bagi umat muslim diwajibkan melaksanakan hukum Fardhu Kifayah terhadap setiap umat muslim yang meninggal dunia. Hukum Fardhu Kifayah terdiri dari memandikan jenazah, mengkafankan, menshalatkan, serta menguburkan.

Hal itu dikatakan Ketua Majelis Ulama Indonesia Ashaan Salman Abdullah Tanjung saat memberikan arahan dan bimbingan kepada sejumlah Bilal Mayit yang mengikuti pelatihan tentang tata cara melaksanakan Fardhu Kifayah, di Kisaran, Rabu (23/8/2017). “Fardhu Kifayah harus dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai dengan syariat islam”, kata Salman.

Diketahui, ada sekitar 400 Bilal Mayit yang mengikuti pelatihan terdiri dari utusan setiap kelurahan/desa se Kabupaten Asahan. Pelatihan dibagi menjadi 10 gelombang, dimana setiap gelombangnya diikuti oleh 40 Bilal Mayit. “Pelatihan telah dimulai pada Senin (21/8/2017)”, katanya.

Untuk itu Salman mengimbau kepada para Bilal Mayit supaya dapat mengikuti pelatihan dengan seksama. Dalam pelatihan, para Bilal Mayit itu akan diajarkan tentang bagaimana tata cara pelakasanaan Fardhu Kifayah, terutama memandikan dan mengkafankan jenazah.

“Setelah pelatihan ini, diharapkan pelaksanaan Fardhu Kifayah dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan syariat islam, jika ada nantinya saudara saudara kita yang meninggal dunia”, katanya.

Selain untuk menambah pengetahuan tentang hukum Fardhu Kifayah, menurut Salman, kegiatan tersebut juga sekaligus sebagai ajang silaturrahmi antara Pemkab Asahan dengan masyarakat.

Sementara itu, Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang melalui Kabag Sosial Sunardi, memberikan apresiasi atas terselenggaranya pelatihan tersebut.

Kegiatan itu merupakan implementasi dari program iman dan taqwa, selaraa dengan visi dan misi Kabupaten Asahan, yakni terwujudnya Asahan yang Religius, Sehat Cerdas dan Mandiri. (ts-20).

BACA JUGA  Video Bilal Mayit Meninggal Dunia Dalam Keadaan Sujud Ini Jadi Viral di Medsos
Loading...
loading...