September, Pemkab Asahan Targetkan 156.353 Anak Diberikan Obat Cacing

455
ilustrasi obat cacing
foto ilustrasi

tobasatu.com, Asahan | Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Kesehatan menargetkan pemberian obat cacing kepada 156.353 anak berusia dari mulai 1 hingga 12 tahun selama September. Tujuan pemberian obat cacing itu guna mencegah kecacingan pada anak, meningkatkan gizi dan pertumbuhan anak anak di Asahan.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Pengakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan Syafrin Sanja Hutahaean menyebutkan, secara teknis, pemberian obat cacing dilakukan melalui Pos Yandu, PAUD dan Puskesmas.

Pemberian obat cacing terbagi menjadi dua dosis yang berbeda, disesuaikan dengan rentang usia anak bersangkutan. Usia 1 hingga 2 tahun akan diberikan 1/2 tablet atau 200 mg, sedangkan usia 2 tahun hingga 12 tahun akan diberikan 1 tablet atau 400 mg.

“Jenis obat cacing yang diberikan adalah Abendasol. Untuk usia 1 sampai 2 tahun diberikan 1/2 tablet. Sedangkan usia 2 tahun hingga 12 tahun, diberikan 1 tablet,” kata Syafrin kepada tobasatu.com, di Kisaran, Senin (11/9/2017).

Menurut Syafrin, Abendasol dapat membasmi berbagai jenis cacing yang ada didalam tubuh, seperti cacing pita, cacing gelang dan cacing kremi. Kendati demikian, masyarakat diimabu supaya tetap menjaga kebersihan keluarga dan lingkungan, agar terhindar dari kecacingan.

“Kegiatan ini, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan ini juga selaras dengan salah satu visi dan misi Kabupaten Asahan, yakni, Terwujudnya Asahan yang sehat,” pungkasnya. (ts-20).

BACA JUGA  Taufan Minta Peserta Asahan Extrem I 2017 Kenalkan Pariwisata Asahan
Loading...
loading...