Demi Keutuhan Bangsa, 4 Pilar Kebangsaan Harus Dijadikan Pegangan Hidup

311
Anggota MPR RI Ali Umri ketika memberikan sambutan dalam acara sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Tahap ke IV Tahun 2017 bersama Tiga Pilar Plus Kabupaten Asahan, di Kisaran Sabtu (23/9/2017). (tobasatu.com).

tobasatu.com, Asahan l Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Ali Umri menegaskan kepada masyarakat supaya tetap memegang teguh 4 Pilar Kebangsaan, yaitu Pancasila, Undang Undang Dasar (UUD) 45, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kedaulatan Republik Indonesia (NKRI) sebagai pegangan  hidup dalam berbangsa dan bernegara.

Dengan demikian, Indonesia akan tetap bersatu, dan  terhindar dari pengaruh paham yang bertentangan dengan sendi sendi kehidupan bangsa Indonesia.

“4 Pilar Kebangsaan harus kita jadikan pegangan hidup agar bangsa Indonesia yang kita cintai ini tetap utuh,” kata Ali Umri dalam acara sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Tahap ke IV Tahun 2017 bersama Tiga Pilar Plus Kabupaten Asahan, di Kisaran Sabtu (23/9/2017).

Hadir dalam acara tersebut, diantaranya Dandim 0208 Asahan Letkol Suhono, Kapolres Asahan AKBP Kobul Syahrin Ritonga dan unsur Forkopimda lainnya, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Secara singkat, Ali Umri memaparkan, Indonesia saat ini tengah disusupi paham paham yang bertentangan dengan dasar dasar negara  Indonesia. Tujuannya adalah untuk memecah belah bangsa yang terdiri dari beragam suku, adat, ras dan agama.

“Isu SARA kerap digunakan pihak pihak tertentu,  dengan tujuan untuk  memecah belah bangsa. Jangan sampai kita terpancing, yang pada akhirnya merugikan kita sendiri. Kalau kita tidak bersatu, bagaimana kita bisa tenang mencari makan,” katanya.

Selain itu, menurut Ali Umri, salah satu yang perlu diwaspadai adalah narkoba. Budaya negatif asing itu telah menyusup keseluruh lapisan masyarakat. “Untuk itu mari kita bersatu, dan memperkuat pemahaman tentang ideologi Pancasila. Jangan sampai kita tercerai berai,” tandasnya.

Kapolres Asahan AKBP Kobul Syahrin Ritonga, dalam kesempatan itu memaparkan kegiatan kegiatan Polres Asahan dalam upaya  memelihara Kamtibmas. Polres Asahan bersama 3 unsur lainnya yang tergabung dalam 3 pilar plus terus bersinergi, sehingga bibit bibit  konflik yang terjadi di tengah masyarakat dapat diantisipasi dan dicegah.

BACA JUGA  Gatot Nurmantyo Bertemu dengan Ketua MPR RI, Bahas Apa?   

“Jika terjadi konflik sosial, penanaganan lebih mengedepankan pola pendekatan preventif. Pemberdayaan 3 Pilar Plus dengan optimal selama ini mampu mencegah dan mengantisipasi konflik tidak meluas,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Asahan Surya mengucapkan terimakasih atas kedatangan anggota MPR RI tersebut. Pembekalan tentang 4 Pilar Kebangsaan itu diharapkan mampu meningkatkan rasa nasionalisme masyarakat, khususnya masyarakat Asahan.

Ia juga berharap kepada seluruh stakeholder, termasuk masyarakat, supaya tetap bersinergi dalam memelihara Kamtibmas. “Kerukunan harus tetap kita jaga bersama, sehingga program pembangunan di Asahan dapat berjalan dengan aman dan lancar,” tutupnya. (ts-20).

Loading...
loading...