Antisipasi Air Tergenang, Dinas PU Bersihkan Lubang Inlet

239
Petugas dari Dinas PU Kota Medan melakukan pembersihan lubang inlet di Jalan Thamrin, guna mencegah air tergenang saat turun hujan. (tobasatu.com).

tobasatu.com, Medan | Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan melakukan pembersihan lubang inlet yang ada di sepanjang Jalan Thamrin, Medan, Selasa (27/9/2017) malam. Hal ini dilakukan guna memperlancar jalannya air hujan ke parit agar tidak tidak tergenang.

“Banyaknya lubang inlet yang tersumbang membuat saat hujan deras turun, air terhalang masuk ke dalam parit sehingga menggenangi jalan, terutama di depan STMIK Mikroskil tersebut,” kata Kadis PU Kota Medan Khairul Syahnan.

Selanjutnya Syahnan pun memerintahkan para petugasnya untuk membersihkan  seluruh lubang inlet yang tersumbat dengan menggunakan cangkul sekop maupun linggis. Satu persatu lubang inlet yang tersumbat berhasil di atas. Bersamaan itu pun perlahan-lahan air yang menggenangi jalan pun kering.

Syahnan kemudian berharap agar pihak kelurahan maupun kepala lingkungan (kepling) untuk lebih peduli lagi dengan kondisi lubang inlet yang ada di pinggir jalan. Artinya, mereka harus sering mengontrol guna memastikan lubang inlet yang ada tidak tersumbat guna mencegah terjadinya genangan air.

Ditegaskan Syahnan, meski terkesan sepele namun keberadaan lubang inlet ini sangat vital. Apabila satu persatu lubang inlet yang ada ada dibiarkan tersumbat akan memicu  jalanan digenangi air. Selain akan mengganggu kelancaran arus lalu lintas, genangan air yang terjadi lama kelamaan akan membuat aspal terkelupas yang berakhir dengan rusaknya jalan.

“Jadi saya mengajak pihak kelurahan dan kepling lebih peduli  melakukan controling (pengawasan), guna memastikan seluruh lubang inlet yang ada di wilayah kerjanmya masing-masing tidak tersumbat. Apabila penyumbatan lubang inlet sangat sulit diatasi, segera sampaikan kepada Dinas PU.  Kita siap membantu untuk mengatasinya!” tegasnya. (ts-02)

BACA JUGA  Jembatan Titi Dua Ambruk, Warga Sicanang Gunakan Jembatan Sementara
Loading...
loading...