Wartawan Medan Belajar Pengelolaan Informasi Legislatif ke DPRD Lombar dan Mataram

15806
Kunjungan wartawan unit DPRD Medan ke DPRD Mataram. (tobasatu.com).

tobasatu.com, Lombok | Sekitar 35 wartawan unit DPRD Kota Medan melakukan studi komperatif ke DPRD Kabupaten Lombok Barat dan Kota Mataram di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 4-7 Oktober 2017. Keberangkatan rombongan dilepas Kabag Humas Sekretariat DPRD Medan Yuslizar di halaman gedung dewan.

Kunjungan ini dimaksudkan agar wartawan di Medan bisa membuat perbandingan dan memetik manfaat dari pengelolaan informasi yang dilakukan Sekretariat DPRD Kabupaten Lombok Barat dan DPRD Kota Mataram, dalam menyampaikan informasi mengenai kegiatan anggota legislative, termasuk dalam menjalin kemitraan dengan pers.

Di DPRD Mataram, wartawan unit DPRD Medan diterima diterima Kasubag Persidangan DPRD Kota Mataram Munawir. (tobasatu.com).

Yuslizar berharap agar studi komparatif yang dilakukan wartawan unit DPRD Medan yang dikoordinatori Satriadi dan Penasehat Rifki Warisan ini dapat menambah pengalaman dan pengayaan wawasan wartawan unit DPRD Kota Medan tentang informasi pelayanan publik yang dilakukan legislatif setempat.

Di DPRD Kabupaten Lombok Barat, wartawan unit DPRD Medan yang didampingi staf Humas Safe Manurung mendengarkan langsung penjelasan Sekwan Isnanto Karyawan mengenai pengelolaan anggaran publikasi untuk wartawan, termasuk pengelolaan informasi menggunakan audio visual berupa TV Parlemen yang baru diujicobakan sejak 4 bulan terakhir.

Selain menggunakan setiap ruangan di kompleks DPRD Lombok Barat, proses produksi TV Parlemen juga dapat memanfaatkan lobi-lobi hotel yang ada di Pulau Lombok.

Menurut Isnanto, DPRD Lombok Barat mengefektifkan jejaring sosial facebook untuk menyebarluaskan informasi. Karena itu, berita-berita yang diterbitkan media online dan TV Parlemen akan disebarluaskan melalui akun facebook resmi sekretariat DPRD Lombok Barat.

Terkait kerjasama dengan media, menurut Isnanto, pihaknya memiliki anggaran sendiri yang ditampung dalam APBD untuk melakukan kerjasama dan itu dilakukan secara merata antara media cetak, elektronik dan juga media online baik berupa kerjasama berbentuk advertorial maupun iklan, tentunya dengan media yang memiliki badan hukum yang jelas.

BACA JUGA  DPRD Medan Jadikan PP No 49/2008 Sebagai Acuan

Usai pertemuan, rombongan wartawan unit DPRD Medan mengunjungi DPRD Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, yang diterima Kasubag Persidangan DPRD Kota Mataram Munawir.

Halnya seperti di Lombok Barat, di Mataram kegiatan parlemennya juga mempublikasikan di media lokal, pihaknya juga aktif memperbaharui website DRPD Kota Mataram.

“Kami memiliki satu orang yang fokus memperbaharui website. Setiap kegiatan di DPRD ada di sana,” ucap Munawir. Tak berbeda jauh dengan Kabupaten Lombok Barat, publikasi kegiatan DPRD Medan juga dilakukan dengan audio visual.

DPRD Mataram menggunakan empat televisi lokal NTB untuk meliput agenda DRPD. “Pemberitaan secara audiovisual memang dilakukan kabupaten/ kota di NTB. Ini bukan peraturan gubernur tapi inisiatif pimpinan kabupaten dan kota masing-masing,” pungkasnya.

Studi komperatif ini juga diselingi dengan menikmati keindahan alam Gili Trawangan dan mengunjungi perkampungan penduduk asli suku Sasak di Desa Sade, Lombok.  (ts-02)

 

 

Loading...
loading...