Panwaslih Asahan Ajak Insan Pers Ikut Awasi Pemilu

311
Panwaslih Asahan Ajak Insan Pers Ikut Awasi Pemilu
Pimpinan Panwaslih Kabupaten Asahan (kiri-kanan) Khomaidi Hambali Hambaton, Halimatussakdiah, M Irfan Islami Rambe dan Ketua PWI Asahan Indera Sikoembang dalam acara sosialisasi tentang pengawasan pemilu, di Kisaran, Jumat (3/11/2017).

tobasatu com, Asahan | Panitia Pengawas Pemilhan (Panwaslih) Kabupaten Asahan mengajak Insan Pers di Asahan bekerjasama dalam penyelenggaraan Pemilu 2019. Pers, sebagai lembaga kontrol sosial diharapkan bisa berkontribusi dalam hal pengawasan demi terwujudnya pemilu yang jujur dan adil.

Ajakan tersebut disampaikan Ketua Panwaslih Kabupaten Asahan, Irfan Islami Rambe dalam acara sosialisasi tentang pengawasan pemilihan umum (pemilu) kepada insan pers Asahan, di Kisaran, Jumat (3/11/2017).

“Sebagai lembaga kontrol sosial, kami berharap kepada insan pers supaya ikut serta mengawasi penyelenggaraan pemilu,” kata Irfan. Dalam kesempatan itu, Irfan menjelaskan tentang tata cara pemilu, sesuai dengan dasar hukum yang berlaku.

Melalui penjelasan itu, insan pers diharapkan bisa memahami tentang standar pengawasan pemilu. “Jadi, jika menemukan kejanggalan atau kecurangan, bisa melaporkannya kepada kami (Panwaslih),” katanya.

Sebab, menurut Irfan, salah satu kendala dan tantangan yang dihadapi oleh Panwaslih Asahan adalah keterbatasan anggota pengawas. Hal itu mengingat luasnya wilayah Kabupaten Asahan. “karena, satu kelurahan/desa hanya diawasi oleh seorang pengawas,” katanya.

Kerawanan pemilu, lanjutnya, pada umumnya terjadi akibat persoalan hukum, konflik keamanan dan konflik konflik lainnya. Karena itu, ia berharap peran insan pers di Asahan dapat berpartisipasi dalam penyampaian informasi yang benar, khususnya terkait Pemilu.

“Sehingga pengawasan pemilu partisipatif menuju pemilu yang aman dan kondusif dapat terwujud di Kabupaten Asahan ini,” tandasnya.

Sementara itu, ketua PWI Asahan Indera Sikoembang dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Panwaslih Kabupaten Asahan. Ia menilai, kerjasama antar media dan Panwaslih dalam hal informasi cukup baik selama ini.

“Dengan kerjasama yang baik, khususnya dalam hal informasi, akan memudahkan wartawan dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai lembaga kontrol sosial. Kami berharap, kerjasama yang telah terjalin dengan baik ini dapat lebih ditingkatkan lagi,” tandasnya. (ts-20)

BACA JUGA  Putusan MA, Mantan Napi Kasus Korupsi Boleh Nyaleg
Loading...
loading...