Wabup Asahan Ajak Masyarakat Terapkan Perilaku Hidup Sehat

68
Wakil Bupati Asahan Ajak Masyarakat Terapkan Perilaku Hidup Sehat
Wakil Bupati Asahan Surya didampingi Kadis Kesehatan Aris Yudhariansyah saat menyerahkan kunci sepeda motor PSC119 secara simbolis kepada Kabid Pelayanan Kesehatan, dalam upacara memperingati Hari Kesehatan RI ke 53, di halaman Kantor Bupati Asahan, Kisaran Senin (13/11/2017).

tobasatu.com, Asahan | Wakil Bupati Asahan Surya mengajak masyarakat supaya menerapkan perilaku hidup sehat. Peran keluarga sebagai bahagian terkecil dari masyarakat sangat penting demi mewujudkan salah satu visi dan misi Kabupaten Asahan yaitu Asahan yang Sehat.

Hal itu disampaikan Surya dalam upacara memperingati Hari Kesehatan RI ke 53 di halaman Kantor Bupati Asahan, Kisaran Senin (13/11/2017). “Peran masyarakat sangat penting dalam mewujudkan Asahan yang sehat, sekaligus mewujudkan keberhasilan program pemerintah dibidang kesehatan,” kata Surya.

Selain peran masyarakat, Surya mengimbau kepada seluruh Puskesmas dan tenaga kesehatan dapat mengambil peran dalam mecerdaskan masyarakat untuk hidup sehat secara berkesinambungan. Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI telah mencanangkan Program Indonesia Sehat melalui pendekatan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas).

“Tujuannya adalah untuk membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam upaya hidup sehat, yang pada akhirnya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Asahan setinggi tingginya,” katanya.

Surya menyebutkan, ada 8 indikator keluarga sehat terkait standar pelayanan minimal (SPM) dibidang kesehatan. Dari 8 indikator tersebut, 4 diantaranya tidak terkait dengan SPM, yaitu, merokok, jamban sehat, akses terhadap air bersih dan menjadi anggota jaminanan kesehatan nasional.

“Karena itu, seluruh stakeholder termasuk masyarakat harus bisa bersinergi. Mari kita sukseskan program pemerintah demi terwujudnya Bangsa Indonesia yang Sehat, khususnya Asahan,” pungkasnya.

Upacara tersebut dirangkai dengan penyerahan hadiah kepada 5 tenaga kesehatan; Peluncuran Public Safety Center (PSC) 119; dan Demonstrasi pelayanan pra hospital penanganan gawat darurat medis oleh Tim PSC 119. (ts-20)