Wabup Asahan: Jadikan Hari Pahlawan Sebagai Momentum Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa

78
Wabup Asahan - Jadikan Hari Pahlawan Sebagai Momentum Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa
Wakil Bupati Asahan Surya ketika menaburkan bunga di Taman Makam Pahlawan Kisaran, Jumat (10/11/2017)

tobasatu.com, Asahan | Kemerdekaan bangsa Indonesia sejatinya diraih berkat perjuangan para pahlawan bersama rakyat Indonesia dari tangan penjajah. Seluruh harta, jiwa maupun raga dikorbankan demi kedaulatan bangsa Indonesia yang merdeka, berdaulat, serta adil dan makmur.

Karena itu, sudah sepatutnya generasi saat ini harus bersatu tanpa memandang suku, adat, ras dan agama guna mempertahankan kemerdekaan, dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pandangan tersebut disampaikan Wakil Bupati Asahan Surya, dalam upacara memperingati Hari Pahlawan, di Taman Makam Pahlawan, Kisaran, Jumat (10/11/2017).

“Masyarakat, khususnya Asahan, mari kita bersatu. Jangan sampai kita terpecah belah hanya karena perbedaan suku, adat, ras dan agama,” kata Surya.

Mengutip pandangan Presiden Soekarno, kata Surya, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang mengingat jasa pahlawan. Tanpa perjuangan dan pengorbanan para pahlawan, maka tidak ada gagasan untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia.

“Karena itu, Mari kita teladani sikap para pahlawan yang rela berkorban demi kemerdekaan yang kita nikmati saat ini,” katanya. “Kemudian, mari kita jadikan Hari Pahlawan ini sebagai momentum untuk lebih berkreasi dan berinovasi dalam pembangunan untuk memajukan Kabupaten Asahan, ” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Surya membacakan amanat Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa. Upacara dirangkai dengan menabur bunga di pusara makam, di Taman Makam Pahlawan Kisaran. (ts-20)