Polisi Akhirnya Ringkus Perampok yang Tewaskan Siswa SMA

89
Ilustrasi Pelaku Pembunuhan
foto ilustrasi

tobasatu.com, Deliserdang | Tim Polres Deliserdang ahirnya berhasil meringkus pelaku pembunuhan Richard Vanes Pakpahan (16), Selasa (14/11/2017) malam.

Tersangka adalah Edi Aprianto (33), warga Desa Limau Manis, Kecamatan Tanjungmorawa, Deliserdang. Edi diringkus sekira pukul 21.00 WIB di kawasan Sei Rampah. “Dia kita tangkap di Sei Rampah Setelah kejadian dia bersembunyi di sana di tempat saudaranya,” ujar Wakapolres Deliserdang, Kompol Yudi Frianto di dampingi Kasat Reskrim, AKP Ruzi Gusman Kamis, (16/11/2017) kepada sejumlah wartawan.

Diterangkan Yudi, Edi tidak melakukan perlawanan saat diamankan. Kini tersangka pelaku pembunuhan siswa SMA itu masih ditahan di Mapolres Deliserdang.

“Ia masuk ke rumah orang tua korban untuk melakukan pencurian. Dia mau mencuri handpone dan printer, tapi saat itu korban sempat melihatnya hingga pelaku langsung memukul korban sebanyak lima kali dengan menggunakan ulekan cobek (batu gilingan) di bagian kepalanya,” katanya.

Selain tersangka, sejumlah barang bukti juga sudah disita polisi. Namun barang bukti ulekan cobek yang dipakai pelaku memukul kepala korban belum ditemukan. “barang bukti batu gilingan dibuang pelaku ke sungai PTPN (sungai Belumai). Korban meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit, karena sudah banyak kehabisan darah,” ungkap mantan Wakasat Narkoba Polrestabes Medan itu.

Dalam aksinya, tersangka Edi bertamu ke kediaman orang tua korban. Aksi pencurian sudah direncanakan lantaran ia memiliki utang dengan orang lain.” Pelaku ini juga suka pakai sabu dan berjudi. Sepeda motor kakaknya juga digadaikannya, dia bingung untuk menebus gadaian makanya datang niatnya untuk mencuri, hanya saja ketahun sama korban yang kemudian dia pukul pakai ulekan cobek (batu gilingan) lima kali di bagian kepala,” ujarnya.

Wakapolres Deliserdang, Kompol Yudi Frianto menyebut tersangka dijerat dengan pasal 365 ayat 3 KUHP dan pasal 338 KUHP. “Ancamannya hukuman mati. Sebenarnya pelaku ini juga sempat berniat untuk juga menghabisi nyawa ibu korban yang kebetulan saat itu berada di dalam rumah, hanya saja ibu korban itu berhasil kabur ke luar dan meminta tolong,” tukasnya. (ts-03)