KPU Sumut Monitor Perbaikan Berkas Pendaftaran 9 Parpol

628
Komisioner KPU Sumut Divisi Hukum Iskandar Zulkarnain. (tobasatu.com)

tobasatu.com, Medan | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara memonitor proses pengembalian berkas pendaftaran 9 Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2019, yang sebelumnya dinyatakan tidak lengkap.

Menurut Komisioner KPU Sumut Divisi Hukum Iskandar Zulkarnain, batas akhir penyerahan berkas akan dilakukan pada Rabu (22/11/2017) pukul 24.00 WIB.

“Penyerahan berkas sebelumnya sesuai jadwal dilakukan pada 20 November sampai 22 November,” tutur Iskandar Zulkarnain, menjawab wartawan, Rabu (22/11/2017).

Disebutkan Iskandar, terkait pendaftaran Parpol peserta Pemilu 2019, KPU Sumut sifatnya hanya melakukan koordinasi dengan kabupaten/kota. Sebab pendaftaran dilakukan di KPU RI dengan mengisi formulir di aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Selanjutnya, KPU kabupaten/kota akan melakukan verifikasi data yang ada di Sipol.

“Jadi KPU Sumut setiap hari menerima laporan berupa rekapitulasi dari KPU kabupaten/kota,” sebut Iskandar.

Hingga Rabu siang, menurut Iskandar, baru 3 parpol yang diketahui telah mengembalikan berkas untuk perbaikan dokumen administrasi pendaftaran yakni Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) serta Partai Idaman.

“Namun data ini belum final karena kita masih menunggu hingga batas akhir waktu pendaftaran pada Rabu tengah malam ini,” ujar Iskandar.

Adapun  sembilan parpol yang sebelumnya diharuskan melakukan perbaikan diantaranya PKPI, Partai Bulan Bintang,  Partai Idaman, Partai Bhineka Indonesia, Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI), Partai Republik, Partai Rakyat, Partai Indonesia Kerja (PIKA) dan Partai Swara Rakyat Indonesia.

Setelah itu, diumumkan hasil penelitian berkas berupa foto kopi KTA/KTP elektronik atau surat keterangan parpol dan sambil mengembalikan berkas yang dinyatakan tidak memenuhi syarat itu, ke masing-masing parpol untuk diperbaiki.

KPU Sumut selanjutnya akan melakukan verifikasi 14 Parpol pada 15 Desember hingga 21 Desember 2017, dan diikuti verifikasi factual 9 parpol pada 25 Desember hingga 7 Desember 2017. (ts-02)

BACA JUGA  Minggu Tenang, Alat Peraga Kampanye Dibersihkan
Loading...
loading...