Antrian Macet, Ratusan Truk Pengangkut Peti Kemas Tertahan di Pelabuhan Belawan

1873
Ratusan truk trailer pengangkut peti kemas mengantri sepanjang 3 kilometer. (foto : tobasatu.com/ lee)

tobasatu.com, Belawan I Ratusan truk pengangkut peti kemas tertahan di Pelabuhan Belawan Internasional Container Terminal (BITC), Selasa (28/11/2017), akibat antrian masuk dan keluar di pelabuhan tersebut mengalami kemacetan hampir sepanjang 3 km.

Antrian truk pengangkut peti kemas ini mengakibatkan aktivitas keluar masuk barang dari dan ke pelabuhan BICT menjadi macet total selama empat jam lebih.

Informasi yang diperoleh di lapangan, macetnya ratusan truk keluar masuk dari dan kepelabuhan BICT tersebut tidak saja terjadi pada Selasa sore, namun juga terjadi pada senin sore (27/11/2017) karena habisnya alat bahan bakar minyak solar pada alat di pintu masuk di BICT tersebut.

  1. Marbun (45) salah seorang supir truk trailer pengangkut container (peti kemas) mengatakan, macetnya ratusan truk tersebut diakibatnya adanya sistem di pintu masuk ke Pelabuhan BICT mengalami kerusakan.

Dikatakannya, akibat kerusakan sistem di pintu masuk BICT tersebut penghasilannya maupun supir-supir truk trailer lainnya menjadi berkurang, karena dalam satu hari biasanya truk yang dikemudikan bisa mendapat dua trip mengangkut peti kemas dari pelabuhan BICT ke Kawasan Industri Medan (KIM) di Mabar. Namun akibat adanya kerusakan sistem di pintu masuk BICT, truk yang dikemudikannya hanya bisa membawa muatan satu trip saja.

Sementara itu David (40), salah seorang pengguna jasa di pelabuhan BICT Belawan mengatakan,  akibat terjadinya kerusakan tersebut sangat berpengaruh bagi para pengguna jasa, karena biasa pengguna jasa bisa mengeluarkan barang dalam satu hari mencapai sepuluh unit peti kemas. Namun akibat terjadi kerusakan tersebut dia hanya bisa mengeluarkan 5 unit barang yang berada di dalam peti kemas. Malah para pengguna jasa dikenakan uang tambah bayaran terhadap barang-barangnya ada tersisa di BICT.

BACA JUGA  Reklamasi di Belawan Melanggar Aturan, DPRD Sumut Minta Pelindo Stop Proyek BICT

Humas BICT Pelindo-1 Teuku Irfan ketika dihubungi melalui teleon selulernya mengakui adanya down di sistem di pintu (gate) BICT Pelindo-1, namun setelah diperbaiki aktivitas keluar masuknya truk dari dan ke BICT menjadi normal kembali.

Akibat terjadinya kemaceta tersebut petugas Lantas dari Polres Pelabuhan Belawan, turun ke lokasi guna mengatur arus lalu lintas dari dan ke pelabuhan BICT tersebut. (ts-14)