Buat Warga Medan, Ada 53 Titik Pasar Murah Sambut Natal dan Tahun Baru

395
Wali Kota Medan Dzulmi Eldin membuka pasar murah di dipusatkan di Lapangan Carrefour Citra Garden Jalan Jamin Ginting, Kelurahan Titi Rantai, Kecamatan Medan Baru, Kamis (14/12/2017). (tobasatu.com)

tobasatu.com, Medan | Kabar gembira buat warga Kota Medan, karena terdapat 53 titik pasar murah yang dibuka Pemerintah Kota (Pemko) guna menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru 2018.

Pasar murah di 53 titik yang tersebar di 21 kecamatan ini dipusatkan di Lapangan Carrefour Citra Garden Jalan Jamin Ginting, Kelurahan Titi Rantai, Kecamatan Medan Baru, dibuka secara resmi oleh Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, Kamis (14/12/2017).

Lokasi pasar murah diutamakan merupakan kawasan yang mayoritas penduduknya  kelompok ekonomi lemah dan beragama Kristiani. Di samping itu lokasi pasar murah juga jauh dari pasar tradisionil.  Dengan kehadiran pasar murah ini diharapkan dapat membantu meringankan umat Kristiani dalam memenuhi kebutuhan pokok  berkualitas dengan harga murah untuk menghadapi Hari Natal dan Tahun baru 2018.

Tercatat ada 8 jenis produk  bahan pokok yang dijual dalam pasar merah yakni beras, gula, tepung terigu, telur, mentega, kacang tanah, minyak goreng dan sirup.  Harga  jual bahan pokok yang dijual di pasar murah jauh lebih murah dibandingkan dengan harga jual di pasaran, sebab Pemko Medan telah mengalokasikan subsidi atas bahan pokok yang dijual itu sebesar Rp983.775.320.

Dikatakan Wali Kota, pasar murah ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Pemko Medan setiap tahun, guna mengatasi  lonjakan harganya menyambut datangnya hari besar keagamaan akibat ulah para pedagang nakal untuk mengambil keuntungan yang sebesar-besarnya. Kondisi tersebut bilang Wali Kota, menyebabkan masyarakat, khususnya warga kurang mampu ‘menjerit’.

“Situasi yang terus berulang ini harus mampu diatasi sedini mungkin oleh kita sebagai pemerintah. Saya berharap agar kehadiran pasar  murah ini dapat dimanfaatkan secara maksimal, guna sedikit membantu meringankan beban saudara-saudara kita umat Kristiani, terutama yang kurang mampu dari segi ekonomi  untuk memenuhi kebutuhan pokok dalam menghadapi Hari Natal dan Tahun Baru 2018,” kata Wali Kota.

BACA JUGA  Pemko Medan Jadi Percontohan Program e-Planning

Kadis Perdagangan Kota Medan Syarif Armansyah Lubis dalam laporannya mengatakan,  pasar murah ini berlangsung selama 10 hari mulai 14 sampai 23 Desember mendatang.

“Kita mengalokasikan dana sebesar Rp983.775.320 untuk mensubsidi  8 jenis bahan kebutuhan pokok yang dijual di pasar murah. Dengan subsidi yang dilakukan, harga 8 jenis bahan kebutuhan pokok di pasar murah turun 20 persen sampai 30 persen dari harga pasaran,” jelas Armansyah.

Lurah Titi Rantai Bona Manuel Tarigan mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota, sebab  Kelurahan Titi Rantai dipilih menjadi tempat pembukaan pasar murah.

“Kita sangat berterima kasih pembukaan pasar murah dalam rangka menyambut Hari Natal dan Tahun Baru 2018 dipusatkan di Kelurahan Titi Rantai. Tentunya keberadaan pasar murah ini sangat tepat sekali, sebab masyarakat kita sebagian besar beragama Kristiani,” ungkap Bona. (ts-02)

Loading...
loading...