Panik!! Gempa Berpotensi Tsunami Guncang Tasikmalaya, Warga Mengungsi ke Pegunungan

311

tobasatu.com, Tasikmalaya | Gempa berkekuatan 7,3 SR terjadi di Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (16/12/2017) tengah malam. Gempa ini berskala II Modified Mercally Intensity (MMI) yang artinya dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Gempa juga berpotensi tsunami. Gempa ini dirasakan di Jakarta hingga Jawa Timur.

Warga Pesisir Selatan Tasikmalaya sampai ke daerah Pangandaran langsung mengungsi ke daerah yang lebih tinggi atau pegunungan di sekitarnya pasca-terjadi gempa.

Pasalnya, tak berselang lama pasca-kejadian, warga pesisir langsung mendapatkan peringatan dini bahaya tsunami dan berbondong-bondong menyelamatkan diri membawa serta anak keluarganya ke jalur pengungsian.  Gempa di wilayah Tasikmalaya tersebut terasa besar getarannya dan lama hampir tiga menit. Hal itu membuat warga di Tasikmalaya, Ciamis dan Pangandaran langsung berhamburan keluar rumah.

Sementara itu, para nelayan dan petugas BPBD di wilayah Cipatujah sampai sekarang sedang mengamati permukaan air laut mendeteksi dini terjadinya tsunami.  “Para nelayan di sini dan ada petugas BPBD di Cipatujah sedang mengamati permukaan air laut. Sampai sekarang bahaya tsunami masih belum dicabut dan warga sudah mengungsi di pegunungan. Kita masih waspada penuh di sini, ” jelas Gunawan, salah seorang warga Cipatujah, Sabtu dini hari.

Sementara itu, warga di wilayah perkotaan mulai berangsur kembali ke rumahnya tapi tetap waspada khawatir terjadi gempa susulan. Warga di perkotaan pun mendapatkan peringatan bahaya dini terjadinya tsunami dari para petugas kelurahan jaga dan para RT setempat dan diminta tetap waspada. (ts)

Loading...
loading...