PLN Pembangkitan Sumatera Bagian Utara Sektor Belawan Berikan 1 Ton Bibit Kerang Kepada Gapokkan Bahari Sicanang

960
GM PLN (persero) Sektor Pembangkitan Belawan Andi Makasau bersama Camat Medan Belawan, menabur benih kerang dagu sebagai bantuan program CSR perusahaan listrik tersebut, di Kelurahan Sicanang Belawan.(foto : tobasatu.com/lee)

tobasatu.com, Belawan | PT PLN (persero) Sektor Pembangkitan Sumatera Bagian Utara Sektor Belawan, melaksanakan program bantuan pengembangan budidaya kerang, di Lingkungan XX Kelurahan Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Kamis (21/12).

Dalam program TJSL I CSR 2017 PLN Sektor Pembangkitan Belawan bekerja sama dengan Gabungan Kelompok Nelayan Perikanan (Gapokkan) Bahari Kelurahan Sicanang ini, ditabur sebanyak 1 ton benih kerang dagu.

Dalam keterangan persnya General Manager (GM) PLN Sektor Pembangkitan, Andi Makkasau, mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian bagian misi sosial pihaknya kepada masyarakat di sekitar unit kerja sepanjang tahun 2017.

Untuk program CSR tahun ini dibagi dalam 5 kegiatan, meliputi pelatihan pembuatan makanan dan minuman dari bahan tanaman mangrove.

Kemudian penyaluran bantuan rumah ibadah masjid dan gereja, penimbunan tanah wakaf, serta pemberian bantuan alat tangkap nelayan.

Melalui bantuan ini pihaknya mengharapkan pada Mei atau Juni 2018 hasil budidaya kerang ini dapat dipanen raya.

Terkait bantuan tersebut, Ketua Gapokkan Bahari Anwar, menyampaikan terimakasih kepada. PLN. Tentunya ini menjadi usaha sampingan untuk membantu perekonomian nelayan ikan di Sicanang.

Pada kesempatan itu, Camat Medan Belawan, Ahmad meyakini lewat program budidaya bantuan PLN Canang kedepan bisa menjadi sentra kerang.

Kadis Perikan dan Kelautan Friska yang turut hadir pada acara penaburan benih kerang itu menyatakan, pada dasarnya budidaya kerang sangat simpel tanpa penanganan khusus.

Untuk itu dia meminta kepada Gapokkan menjaga kondisi perairan dan lingkungan benih kerang ditabur dari pencemaran, agar kembang biak kerang berhasil.

Apalagi budidaya kerang seperti ini sangat sederhana namun menjanjikan dalam menambah income. (ts-14)

BACA JUGA  Jaringan PLN Padam, Traffic Light di Kota Medan Padam