Jaga Netralitas Selama Pilkada, Pangdam I/BB: Fasilitas Militer Tak Bisa Dipakai Kampanye

330
Pangdam I/BB selepas membagikan buku saku netralitas TNI

tobasatu.com, Medan | Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri mengingatkan para prajuritnya berperan menjaga suasana tetap kondusif selama berlangsungnya Pilkada. Jenderal bintang dua ini mengingatkan kalau fasilitas militer dalam bentuk apapun, tak bisa dipakai untuk kepentingan kampanye.

Demikian diungkapkan Pangdam I/BB, Rabu (17/1/2018) sesaat membagikan buku saku netralitas TNI. Pembagian buku ini dilakukan setelah pelaksanaan upacara bendera 17-an dengan komandan upacara Danyonif Raider 100/PS Mayor Inf Lizardo Gumay dan inspektur upacara Kasdam I/BB Brigjen TNI Teuku Beny Firmansyah.

Dalam arahannya, Pangdam I/BB mengingatkan para prajurit untuk membaca dan mempedomani buku saku netralitas TNI, sebagai langkah menyikapi Pilkada. Mengingat di semua wilayah Kodam I/BB yang mencakup Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau, dilaksanakan Pilkada, baik itu Pilgub hingga pemilihan bupati/wali kota.

“Tugas prajurit hanya mengamankan hingga terciptanya Pilkada damai. Sehingga prajurit netral dan ada di atas semua golongan. Kita juga mengajak penyelenggara Pemilu melaksanakan tugas secara profesional,” ucapnya.

Pangdam I/BB menegaskan, jangan sampai fasilitas militer dipakai untuk kegiatan kampanye. Seperti di antaranya angkutan dan rumah ibadah yang berada di lokasi milik militer hingga atribut TNI. Para komandan satuan (Dansat), lanjut jenderal bintang dua ini, diminta untuk mengecek dengan benar. “Harus cek betul. Supaya kita tidak dianggap berpihak. Nanti bisa
saja truk yang dipinjam rupanya dipakai untuk memobilisasi massa kampanye salah satu paslon,” bilangnya.

Mantan Kaskostrad ini mengingatkan para prajuritnya untuk tidak mengomentari hal berbau Pilkada di media sosial (Medsos). Pangdam I/BB mengajak para prajuritnya, untuk laksanakan tugas secara maksimal demi menjaga kondusifitas.

“Diharapkan dengan adanya penyerahan buku saku netralitas TNI agar para Komandan Satuan jajaran Kodam I/BB dapat menyampaikan sejelas-jelasnya tentang isi buku saku ini kepada Prajurit dan ASN. Agar anggotanya mengerti dan paham dalam tugas yang diberikan komando atas sehingga tugas dapat berjalan aman dan lancar,” tandasnya.

BACA JUGA  1.723 Prajurit di Jajaran Kodam I/BB Terima Kenaikan Pangkat

Pemberian buku saku ini diwakili oleh Dandim 0201/BS, Kahubdam I/BB, Kabekangdam I/BB, Danpomdam I/BB, Kakesdam I/BB, Danyonif Raider 100/PS, Danyonkav 6/NK, Danyonarmed 2/105, Danyonarhanudse 11/BB dan Danyonzipur I/DD. (ts-04)

Loading...
loading...