Bakal Ada Gempa Susulan 7,5 SR Malam Ini, Berikut Penjelasan BMKG

14544
Ilustrasi gempa bumi. (tobasatu.com/ist)

tobasatu.com, Jakarta |  Gempa susulan berkekuatan 7,5 SR santer dikabarkan bakal terjadi malam ini sekitar pukul 22.30 WIB – 23.59 WIB di Provinsi Banten. Namun menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kabar tersebut tidak benar alias berita hoax.

“Berita tersebut tidak benar, karena BMKG tidak pernah mengeluarkan informasi tersebut,” tutur Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Dr. Daryono, M.Si, dalam keterangannya yang diperoleh tobasatu.com, Selasa (23/1/2018).

Hal ini dikatakan Daryono menanggapi berita yang meresahkan masyarakat yang beredar melalui Whatsapp dan media sosial yang isinya akan terjadi gempabumi berkekuatan 7,5 antara pukul 22.30 – 23.59 WIB di Provinsi Banten dan sekitarnya.

Dijelaskan Daryono, berita tersebut tidak benar, karena BMKG tidak pernah mengeluarkan informasi tersebut.

Selain itu dia menilai informasi tersebut merupakan berita bohong atau hoax yang dibuat pihak yang tidak bertanggungjawab dengan tujuan memberi rasa takut dan khawatir kepada masyarakat.

“Perlu diketahui bahwa hingga saat ini peristiwa gempabumi belum dapat diprediksi dengan tepat dan akurat: kapan, berapa kekuatan, dan dimana akan terjadi,” sebutnya.

Hingga Selasa petang (23/1) aktivitas gempa susulan di selatan Banten sudah mencapai 26 kali kejadian dengan kekuatan yang terus melemah, sehingga sangat kecil potensi akan terjadi gempa susulan yang kekuatannya besar.

“Dari sekian banyak isu akan terjadi gempabumi, selama ini tidak ada satupun yang terbukti kebenarannya, untuk itu masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan tidak mudah percaya isu akan terjadi gempa,” sebut Daryono. (ts-02)

BACA JUGA  Banjir Rob Diprediksi Masih akan Terjadi Dua Hari Kedepan