Kapolres Apresiasi Pembangunan Kolam Ikan Polsek Kota Kisaran

1275
Kapolres Asahn AKBP Kobul Syahrin Ritonga ketika menabur bibit ikan nila kedalam kolam, dalam acara peletakan batu pertama pembangunan kolam ikan, di Mapolsek Kota Kisaran, Selasa (22/1/2018).

tobasatu.com, Asahan | Kapolres Asahan AKBP Kobul Syahrin Ritonga memberikan apresiasi setingi-tingginya atas ide kreatif yang digagas Polsek Kota Kisaran membangun kolam untuk budidaya ikan.

Kegiatan budidaya beberapa jenis ikan itu bertujuan untuk memberdayakan masyarakat Asahan, khususnya Kota Kisaran guna memberantas peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba.

Apresiasi tersebut disampaikan Kapolres dalam acara Peletakan Batu Pertama pembangunan kolam tersebut, di Mapolsek Kota Kisaran, Selasa (22/1/2018). “Saya mengapresiasi setingi-tingginya atas ide kreatif Kapolsek (IPTU Rianto), atas pembanguanan kolam ini. Sasarannya jelas dan sangat positif,” kata Kapolres.

Kapolres menjelaskan, kegiatan budidaya ikan tersebut guna merangkul masyarakat, khususnya yang terindikasi mengonsumsi narkoba. Diharapakan, perilaku negatif generasi muda seperti mengonsumsi narkoba bisa dialihkan ke kegiatan positif, yaitu turut serta dalam budidaya ikan tersebut.

Selain itu, lanjut Kapolres, kegiatan itu juga diharapkan mampu memberikan nilai tambah untuk perekonomian masyarakat Asahan. Sebab, permintaan akan ikan, khususnya ikan lele, sangat besar.

Dari data yang diperoleh, permintaan ikan lele untuk Kabupaten Asahan diperkirakan sebanyak 1,2 ton per hari. Sementara, kebutuhan tersebut dipasok dari luar daerah Kabupaten Asahan.

“Artinya, selain pemberantasan narkoba, kegiatan ini bisa menjadi nilai tambah bagi masyarakat Kabupaten Asahan,” terang Kapolres.

Kapolsek Kota Kisaran Iptu Rianto menjrlaskan, bahwa untuk pembudidayaan ikan itu akan dibangun sebanyak 48 kolam dengan diameter 2 meter. Kolam dibuat dari bahan rangka besi dan terpal pelastik, dengan kapasitas maksimal kolam dapat menampung 5.000 ekor ikan.

“Jenis bibit ikan yang dibudidayakan seperti, ikan nila, ikan lele, dan ikan gurami. Tentunya, kegiatan ini dapat berjalan berkat dukungan semua pihak. Baik itu bapak Kapolres, Pemkab Asahan, Kelompok penggiat anti narkoba, dan masyarakat,” kata Kapolsek.

BACA JUGA  Buat Senjata Api Rakitan, Doyok Diancam 20 Tahun Penjara

Sementata itu, Kadis Perikanan dan Kelautan Kabupaten Asahan Oktoni Eryanto menyatakan, bahwa Pemkab Asahan siap mendukung program tersebut. Pemkab Asahan siap membantu melalui pemberian bantuan bibit ikan. (ts-20)

Kapolres Asahn AKBP Kobul Syahrin Ritonga ketika memasang batu dengan semen, dalam acara peletakan batu pertama pembangunan kolam ikan, di Mapolsek Kota Kisaran, Selasa (22/1/2018).