Perayaan Thaipusam Diharapkan Jadi Pemersatu Umat Hindu di Kota Medan

193
Wali Kota Medan Drs Dzulmi Eldin Wali Kota ketika melepas arak-arakan kereta kencana (radoo) yang membawa patung Dewa Murugan di depan Kuil Shri Soepramaniam Nagarattar Jalan Kejaksaan Medan, Selasa (30/1/2018) malam.(tobasatu.com)

tobasatu.com, Medan | Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi sangat mengapresiasi digelarnya Perayaan Thaipusam.

Perayaan Thaipusam ini menurut wali kota memiliki makna yang sangat strategis dan syarat dengan nilai-nilai religi. Diharapkannya Perayaan Thaipusam ini dapat membawa kebaikan bagi semua, khususnya umat Hindu yang ada di Kota Medan.

Apresiasi ini disampaikan Wali Kota ketika melepas arak-arakan kereta kencana (radoo) yang membawa patung Dewa Murugan di depan Kuil Shri Soepramaniam Nagarattar Jalan Kejaksaan Medan, Selasa (30/1/2018) malam.

Hari Thaipusam merupakan perayaan umat Hindu di seluruh dunia, termasuk di Kota Medan sebagai bentuk penghormatan kepada Dewa Murugan atau yang juga dikenal dengan sebutan Dewa Subramaniam. Umat Hindu juga memanfaatkannya untuk menunaikan nazar, menebus dosa atau memohon ampun atas dosa-dosa yang telah dilakukan selama ini.

Atas dasar itulah Wali Kota berharap agar pelaksanaan Perayaan Thaipusam ini dapat semakin memupuk rasa persaudaraan dan persatuan umat Hindu khususnya dan segenap umat beragama di Kota Medan pada umumnya.

“Perayaan ini tentunya akan menjadi sebuah momentum amat berharga bagi kita yang merayakannya. Oleh karenanya saya mengajak kita semua yang ada di tempat ini untuk bergembira atas Perayaan Thaipusam ini,” kata Wali Kota.

Selanjutnya Wali Kota mengingatkan, semua harus menyadari bahwa penduduk yang bermukim di Kota Medan merupakan masyarakat majemuk. Tidak ada cara lain untuk menghadapi kemajemukan itu kecuali dengan senantiasa membangun kebersamaan, saling menghormati dan menghargai perbedaan masing-masing.

Usai menyampaikan sambutannya, Wali Kota yang telah diselempangkan kain serta dipakaikan topi khas India selanjutnya melepaskan arak-arakan radoo diiringi tabuhan gendang dan sekaligus musik tradisionil khas India.

Pelepasan arak-arakan ini tidak hanya disaksikan ribuan umat Hindu tetapi juga warga  dari berbagai etnis lainnya yang ada di Kota Medan, termasuk Wakil Ketua DPRD Medan H Iswanda Nanda Ramli, Wakil Konjen India di Medan Loveles, Kadis Kebudayaan Kota Medan Suherman serta tokoh dan pemuka agama Hindu. (ts-02)

 

BACA JUGA  Pemko Medan Siap Fasilitasi Pilgubsu 2018
Loading...
loading...