Umat Muslim di Medan Diajak Laksanakan Shalat Sunah Gerhana

92
Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengajak umat muslim di Kota Medan untuk melaksanakan Shalat Khusuf (Shalat Gerhana) pada saat terjadinya gerhana bulan, Rabu (31/1/2018). (tobasatu.com)

tobasatu.com, Medan | Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  mengajak  umat muslim di Kota Medan untuk melaksanakan Shalat Khusuf (Shalat Gerhana) pada saat terjadinya gerhana bulan, Rabu (31/1/2018). Dipastikan, seluruh wilayah di Indonesia, termasuk Kota Medan akan mengalami gerhana bulan.

Untuk WIB, gerhana bulan diperkirakan terjadi pukul 18.48 WIB, WITA sekitar pukul 19.48 dan WIT sekitar pukul 20.48.

Gerhana bulan ini terjadi karena bulan tertutup bayangan bumi, dimana kondisi ini terjadi karena posisi bumi berada diantara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama. Akibatnya sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi bumi.

 

Shalat Sunah Gerhana dapat dilakukan secara berjamaah maupun sendirian. Sebab,  gerhana bulan atau yang lebih terkenal dengan istilah supermoon merupakan fenomena alam sebagai salah satu pertanda kebesaran dan kekuasaan Allah SWT.

“Sebagai hamba-Nya, tentunya kita dianjurkan untuk melaksanakan Shalat Sunah Gerhana. Selain menegakkan shalat, Rasullah juga mengajak umatnya untuk memperbanyak dzikir, istighfar, doa, sedekah serta amal shaliha tak kala peristiwa gerhana bulan terjadi,” kata Wali Kota.

Di samping itu Wali Kota juga berharap agar seluruh warga juga mendoakan agar Kota Medan tetap aman dan kondusif, serta dijauhkan dari segala bentuk musibah maupun bencana. “Melalui  doa yang disampaikan itu, insya Allah Kota Medan yang kita cintai ini menjadi rumah kita bersama yang aman, nyaman, tertib, religius dengan masyarakatnya yang sejahtera,” harapnya. (ts-02)

BACA JUGA  Safari Subuh dan Sahur on The Road Pemko Medan di Kecamatan Medan Tembung
Loading...
loading...