JR Saragih Menangis Gagal Ditetapkan Jadi Calon Gubernur

127

tobasatu.com, Medan | Jopinus Ramli Saragih gagal melaju ke Pilgub Sumut tahun 2018, karena keabsahan legalisir ijazahnya tidak diakui Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Ketua DPD Partai Demokrat Sumut itu pun tak kuasa menahan kesedihannya. Air matanya tumpah saat wartawan menanyakan perihal legalisir ijazahnya yang tidak diakui oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Dihadapan wartawan, JR Saragih menunjukkan berkas pendaftaran yang dieliminir KPU Sumut, sehingga dia dinyatakan tidak memenuhi syarat.

“Ini ijazah SMA saya asli, ini legalisirnya. Imi ada nem nya ada nilainya. Ini yang tadi dibilang tidak lengkap,” sebut JR Saragih. Dia menyatakan ijazah SMA itulah yang digunakannya pada tahun 2015 saat mendaftarkan diri sebagai Bupati Simalungun.

Sebagaimana diketahui, JR Saragih merupakan bakal calon gubernur incumbent, karena saat ini masih aktif menjabat sebagai Bupati Simalungun.

“Ijazahnya ini yang saya gunakan untuk mendaftar sebagai Bupati Simalungun periode kedua pada tahn 2015. Ijazahnya sama. KPU nya juga sama. Kenapa sekarang bisa tidak diakui oleh Dinas Pendidikan,” sebut JR Saragih.

Sebelumnya kata JR sudah pula ada putusan dari Mahkamah Agung (MA) yang menyatakan ijazah itu sah demikian pula legalisirnya.

Dia menyatakan Demokrat, PKB dan PKPU tidak akan tinggal diam dan akan menggugat KPU karena telah menganulirnya sehingga tidak bisa mengikuti Pilgub Sumut 2018.

“Kita akan lihat, Tuhan masih ada di atas manusia.Orang KPU nya sama kok, kenapa dulu saya bisa mencalonkan sebagai bupati tahin 2015,”sebutnya.

Sementara Ketua KPU Sumut Mulia Banurea didampingi komisioner Benget Silitonga, Yulhasni dan Iskandar Zulkarnain menyatakan JR Saragih gagal ditetapkan sebagai calon gubernur Sumut karena tidak menihi syarat (TMS).

Mulia juga mengaku siap menghadapi gugatan KPU karena keputusan yang dilakukan KPU menurutnya telah sesuai dengan regilasi yang berlaku.

Dia menyebutkan saat JR Saragih mendaftarkan diri ke KPU Sumut pada 10 Januari 2018, KPU melakukan konfirmasi ke Dinas Pendidikan DKI untuk mengetahui keabsahan legalisir Ijazahnya.

“Saat perbaikan berkas 18-20 Januari 2018, KPU masih memberi kesempatan untuk melengkapi pesyaratan. Tapi surat KPU baru dibalas pada 22 Januari, yang menyatakan Dinas Pendidikan tidak pernah mengeluarkan legalisir ijazah JR Saragih,” sebut Mulia. (ts-02)

Loading...
loading...