Pilgub Sumut Tanpa JR Saragih, KPU Tetapkan 2 Calon Gubernur

160

tobasatu.com, Medan | Pemilihan Gubernur Sumatera Utara tahun 2018 dipastikan hanya akan diikuti dua pasangan calon Gubernur dan wakil gubernur, yakni Edy Rahmayadi dan Musa Rajeckshah serta Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus.

Sementara Jopinus Ramli Saragih dan Ance Selian gagal ditetapkan sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, karena tidak memenuhi syarat (TMS).

Penetapan itu diumumkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara Mulia Banurea dalam rapat pleno terbuka yang digelar KPU Sumut di Hotel Grand Mercure Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, Senin (12/2/2018).

KPU Sumut Gelar Pleno Terbuka Penetapan Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2018

Dikatakan Mulia Banurea, JR Saragih dan Ance Selian yang didukung koalisi Partai
Demokrat, PKB dan PKPI gagal ditetapkan sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur, karena tidak memenuhi syarat (TMS), yakni legalisir ijazah SMA nya di SMA Ikhlas Prasasti Jakarta, tidak diakui oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

“JR Saragih tidak ikut ditetapkan sebagai calon gubernur karena legalisir ijazah SMA nya tidak diakui Dinas Pendidikan DKI Jakarta,” sebut Mulia.

Karena itulah JR Saragih dinyatakan tidak memenuhi syarat, sesuai PKPU No.3 tahun 2017 di pasal 50 sehingga tidak bisa ditetapkan sebagai calon gubernur.

Namun JR Saragih kepada wartawan menyatakan dirinya mengantongi semua persyaratan yang dimintakan KPU untuk pendaftaran calon gubernur.

“Ini ijazah SMA saya, ini legalisirnya. Semua lengkap. Saya akan gugat KPU,” ujar JR Saragih. (ts-02)

Loading...
loading...