Terkait Status Facebook ‘Innalillahi’ dan Turut Berduka cita, Bupati Asahan Tempuh Jalur Hukum

278

tobasatu.com, Asahan | Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang menyayangkan kabar duka cita tentang dirinya, yang diunggah pemilik akun Facebook Putra Hutasuhut. Putera, dalam statusnya mengucapkan ‘Innalillahi Wainnailaihiraajiun’ dan turut berdukacita yang ditujukan kepada Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang.

“Pak Bupati (Taufan Gama Simatupang) sangat kecewa, dan menyayangkan informasi itu. Sangat menyesatkan,” kata Kadis Kominfo Rahmat Hidayat Siregar dalam acara jumpa pers, di Kisaran, Senin (12/2/2018).

Hidayat mengatakan, status itu menimbulkan multitafsir di tengah tengah masyarakat. Sebab, secara umum, ucapan ‘innalillahi wainnailaihiraajiun’ itu, dianggap sebagai ucapan turut berdukacita atas meninggalnya seseorang.

“Kebiasaan masyarakat, khususnya bagi umat islam, kata innalillahi itu kan diucapkan ketika mendengar kabar, atau mengetahui seseorang yang meninggal dunia. Meskipun bisa diucapkan untuk maksud-maksud lain, tapi tidak semua umat muslim, termasuk saya, memaknai ucapan itu untuk maksud-maksud lain, seperti, sakit, kehilangan dan lain-lain,” katanya.

Sehingga, kata Hidayat, bahwa status itu dinilai sangat meresahkan dan merugikan, baik itu secara pribadi bupati maupun bagi Pemerintah Kabupaten Asahan. “Dengan adanya status itu, banyak masyarakat dan keluarga yang bertanya-tanya, sehingga menimbulkan kegaduhan. Termasuk puteri kedua Pak Bupati, yang sempat pingsan mendengar kabar itu,” ujarnya.

Karena itu, lanjut Hidayat, atas nama Bupati Asahan, Taufan akan mengambil langkah hukum atas dugaan penyebarluasan imformasi bohong, fitnah, pencemaran nama baik dan perbuatan tidak menyenangkan kepada Putera Hutasuhut.

“Pak Bupati sudah menyerahkan persoalan ini kepada Kuasa Hukum-nya, (Leo L Napitupulu). Secara terbuka, melalui FB, Pak Leo juga sudah meminta klarifikasi kepada Putera Hutasuhut, atas status tersebut. Jika dalam 1 kali 24 jam tidak memberikan klarifikasi, maka persoalan ini tentunya akan dibawa ke meja hijau. Tapi begitupun, kita tunggu saja hasil konsultasi antara Kuasa Hukum dan Pak Bupati,” tandas Hidayat.

Untuk diketahui, pemilik akun Putera Hutasuhut, mengunggah status di dinding FB-nya dengan mengatas namakan santri PMDU Asahan dan warga Asahan, mengucapkan ‘innalillahi wainnailaihi raajiun dan turut berduka cita atas Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang MAP.

Selain itu, Putera juga berharap kepada keluarga supaya diberikan ketabahan dan kekuatan. santri PMDU Asahan dan warga Asahan, mengucapkan ‘innalillahi wainnailaihi raajiun dan turut berduka cita atas Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang MAP. Selain itu, Putera juga berharap kepada keluarga supaya diberikan ketabahan dan kekuatan.

“Atas santri PMDU Asahan dan warga Asahan, mengucapkan ‘innalillahi wainnailaihi raajiun, turut berduka cita atas Buya Kami dan Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP. Semoga keluarga diberikan ketabahan dan kekuatan… Aminn,” tulis Putera di Dinding akun FB-nya.

Hingga pukul 20.14, status tersebut mendapat 132 tanggapan dan 234 komentar, serta dibagikan sebanyak 25 kali sejak diposting pertama kali pada pukul 17.13, Minggu (11/2/2018). (ts-20)

Loading...
loading...