DPRD Sumut Dukung Pencanangan Desa Tanjung Pasir Jadi Percontohan Kampung Ternak

183

tobasatu.com, Medan | Komisi B DPRD Sumut mendukung dan mendorong pencanangan Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhan Batu Utara sebagai desa percontohan ternak sapi.

Menurut Wakil Ketua Komisi B DPRD Sumut Aripay Tambunan, Desa Tanjung Pasir sangat tepat untuk dijadikan sebagai desa percontohan, mengingat sumber daya alamnya yang sangat mumpuni terutama areal perkebunan kelapa sawit yang luas, sehingga bisa menjadi bahan baku bagi pakan ternak sapi.

“Desa Tanjung Pasir sangat layak dicanangkan sebagai desa percontohan. Karena letaknya berada di tengah-tengan perkampungan dan memiliki sumber daya alam yang berlimpah,” tutur Aripay Tambunan kepada wartawan di Gedung DPRD Sumut Jalan Imam Bonjol Medan, Senin (5/3/2018).

Politisi Partai Amanat Nasionak (PAN) itu menjelaskan, saat ini kebutuhan sapi Sumut per tahunnya mencapai 180 ribu ton per tahun. Sementara ketersediaan ternak sapi di Sumut hanya sekitar 120 ton per tahun.

“Untuk menutupi kekurangan pasokan 60 ton per tahun dilakukan pemerintah dengan cara mengimpor sapi dari luar negeri,” sebut Aripay.

Aripay menyebutkan, Sumut memiliki perkebunan yang sangat subur, dimana kebun milik masyarakat saja mencapai 1,2 juta hektar, ditambah kebun milik BUMN seluas 300 ribu hektar dan perkebunan swasta mencapai 400 ribu hektar lebih, sangat tepat untuk dijadikan peternakan.

Sebab, pelepah sawit yang tidak digunakan lagi bisa didaur ulang menggunakan mesin choper (mesin perajang) untuk dijadikan pakan ternak.

Saat ini untuk kebutuhan bibit ternak sapi sudah disalurkan melalui sejumlah kelompok tani.

Karena itu dia mendorong agar pemerintah memberikan bantuan untuk memperbaiki kandangnya, dan membeli mesin choper yang digunakan untuk mengolah makanan ternak sapi tersebut.

Jika pencanangan Desa Tanjung Pasir di Labura ini berhasil, maka nantinya bisa dijadikan model percontohan ternak sapi di Sumatera Utara. (ts-02)

BACA JUGA  Buang Limbah ke Saluran Warga, DPRD Sumut akan Panggil PT KIM
Loading...
loading...