DPRD Medan Pertanyakan Progres Pendataan Guru Honor

104
Anggota DPRD Medan Irsal Fikri. (tobasatu.com)

tobasatu.com, Medan | Sekretaris Fraksi PPP DPRD Medan Irsal Fikri meminta Dinas Pendidikan Kota Medan untuk segera memberikan data jumlah guru honor sekolah negeri yang akan menerima gaji sesuai Upah Minimum Kota (UMK) Kota, yang dianggarkan pada tahun 2018.

Menurut Irsal, pendataan guru honor di Medan tidak mengalami progress, padahal sudah memasuki triwulan pertama tahun 2018.

“Padahal beberapa waktu lalu ada temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumut tentang pembayaran gaji guru honor tidak sesuai dengan jumlah di lapangan,” sebut Irsal Fikri, Senin (12/3/2018) di Gedung Dewan.

Dikatakan, bulan ini (Maret, red) menurut kalender penggunaan anggaran di pemerintahan sudah memasuki tri wulan pertama. Jadi, terlihat rancu jika tidak menunjukkan progress apapun terkait pendataan guru honor negeri tersebut.

“Kita sudah lama meminta data itu. Pertanyaannya, mau sampai kapan mereka (Disdik, red) terus berkilah masih mendata? Kita juga mau tahu berapa sih sebenarnya jumlah guru honorer di Kota Medan?,” ujarnya.

Irsal yang juga duduk di Komisi B ini menambahkan, guru merupakan ujung tombak negara untuk menciptakan generasi bangsa yang berkualitas. Sudah seharusnya lah Pemko Medan memperhatikan kesejahteraan mereka.

“Kita akan panggil Disdik dalam waktu dekat ini supaya kita tahu berapa jumlah guru honor kita dan TAPD dari sisi penganggaran. Cukup nggak?supaya semua data dan informasi ini sinkron,” ujarnya.

Menyangkut soal pendataan, temuan di lapangan masih banyak guru honor yang tidak memiliki SK. Pihaknya pun berencana akan mendorong Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, memberikan SK kepada guru honor yang sudah mengabdi di atas tujuh tahun. Agar kedepannya jika pemerintah pusat membuka peluang perekrutan Aparatur Sipil Negera (ASN) di sektor Pendidikan, guru honor mendapat kesempatan besar.

Sebelumnya, Kabid P2TK Dinas Pendidikan Kota Medan, Syahrial, yang dikonfirmasi mengaku tengah mendata semua guru honor sekolah negeri. Perihal kriteria, pihaknya belum menentukan ketegorinya.

“Kita masih mendata. Sabar ya dinda,” ucapnya singkat.

Salah seorang guru honor sekolah negeri di kawasan Sunggal mengaku belum mendapat kepastian perihal gaji mereka yang ditampung dalam APBD 2018. (ts-02)

Loading...
loading...