Kakek 80 Tahun Jadi Korban Kelima Wabah Listeria, Tewas Usai Makan Rockmelon

9820

tobasatu.com | Wabah listeria kembali menelan korban. Ia tewas setelah memakan rockmelon yang terkontaminasi. Korban merupakan pria berusia 80-an di negara bagian Victoria, Australia. Ia menjadi orang kelima yang meninggal karena wabah listeria.

Rockmelon adalah buah melon yang dagingnya berwarna oranye dan struktur kulitnya lebih keras dari melon pada umumnya. Sedangkan listeria merupakan infeksi bakteri yang akibatnya bisa fatal. Gejalanya yakni demam, sakit kepala, kram, sakit dan nyeri, mual dan diare. Bisa fatal bagi bayi, orangtua dan mereka yang kekebalan tubuhnya menurun.  Sebelumnya, tiga warga Victoria dan dua warga New South Wales meninggal karena kasus serupa, mengkonsumsi buah yang ditanam di pertanian wilayah NSW selatan.

Departemen Kesehatan Australia, Dr. Brett Sutton, mengkonfirmasi bahwa kematian terakhir itu memang diakibatkan oleh wabah, setelah dilakukan tes.  “Menyedihkannya, penyelidikan ini juga memastikan bahwa satu kasus keguguran juga terjadi karena wabah tersebut,” papar Dr Sutton, seperti dikutip dari Australia Plus, Jumat (16/3/2018).   Akan tetapi, pihak Depkes tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang korban, termasuk tanggal kematiannya.

Selain itu, dilaporkan juga bahwa delapan warga Australia terdampak bakteri listeria dari rockmelon. Korban terdiri dari empat pria dan empat wanita, tetapi belum diketahui nyawanya terselamatkan atau melayang.  Selain di Victoria, insiden serupa juga terjadi di sejumlah negara bagian Australia, di antaranya Queensland, New South Wales dan Tasmania.

Infeksi bakteri listeria sangat berbahaya bagi wanita hamil, bayi yang belum lahir, orang tua dan mereka yang mengalami gangguan kekebalan tubuh.  Gejalanya menyerupai flu. Penderita akan mengalami demam, menggigil, nyeri otot, mual, dan kadang diare. (ts)

Loading...
loading...