Pelaku Pembunuhan TU SMPN 1 Serbajadi Sergai Diringkus Polisi di Jambi

183
Kapolres Sergai AKBP Juliarman Pasaribu,S.Sos,SIK, MSi saat melakukan paparan di depan kantor Polres Sergai, sembari menunjukan barang bukti yang dibawa PS Alias Pono bersama ke 3 rekannya. (tobasatu.com)

tobasatu.com, Seirampah | Satuan Reskrim Polres Serdangbedagai berhasil mengamankan salah seorang diduga sebagai pelaku pembunuhan Tata Usaha (TU) SMP Negeri 1, Asiroh Br Nasution (36), warga Dusun II Desa Kuala Bali Kecamatan Serbajadi Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Sumatera Utara, Minggu (01/04/2018) pukul 05.00 Wib.

Pelaku PS Alias Nomo (23) warga Desa Kelapa Bajohan Kecamatan Serbajadi, ditangkap saat  berupaya melarikan diri ke Jambi.

“Pelaku berhasil ditangkap dalam jangka waktu empat hari,” tutur Kapolres Sergai AKBP Juliarman Pasaribu,S.Sos,SIK, MSi saat melakukan paparan di depan Kantor Polres Sergai, Senin (09/04/2018).

Kapolres Sergai AKBP Juliarman Pasaribu,S.Sos,SIK, MSi dalam paparan menjelaskan kronologis pembunuhan, dimana saat itu korban sedang tertidur seorang diri di dalam kamar depan rumahnya di Dusun II Desa Kuala Bali. Kemudian pelaku masuk melalui jendela belakang rumah korban.

Ketika masuk pelaku melihat sebilah pisau di dinding, lalu pelaku mengambilnya dan membawa pisau ke dalam kamar korban. Pelaku berusaha membuka pintu kamar korban melalui celah pintu. Karena mendengar suara korban pun langsung terbangun dan mengira suara tersebut ialah suara kucing.

Kemudian korban tidur kembali, lalu pelaku mendobrak pintu hingga terbuka. Pelaku langsung masuk dan mendorong tubuh korban terlentang dekat dinding kemudian pelaku membekap mulut korban dengan tangan kiri. Karena korban tetap meronta dan menjerit pelaku langsung menghujamkan pisaunya ke leher sebelah kiri, lalu membekap wajah korban dengan sebuah bantal, sehingga korban tidak bergerak lagi.

Kapolres lebih lanjut menjelaskan, pelaku PS Alias Nomo langsung menyetubuhi korban yang dalam keadaan sudah tidak bernyawa, setelah itu mengambil uang yang berada di dalam Tupperware dekat dengan tubuh korban. Pelaku juga kemudian mengambil telepon genggam milik korban dan mengambil uang korban yang berada di dalam tas.  Total uang yang diambil sebesar Rp5.500.000.

Kemudian pelaku menutupi tubuh korban dengan menggunakan tilam, setelah itu pelaku pergi melalui jendela belakang rumah korban tempat awalnya pelaku masuk.

Atas peristiwa tindak pidana pembunuhan disertai dengan pencurian dan perkosaan pelaku dikenakan sanksi pidana sesuai dengan pasal 339 jo pasal 338 jo pasal 365 jo pasal 285 KUHPidana dengan ancaman penjara seumur hidup dan paling lama 20 tahun penjara.

Sementara untuk pelaku lainnya yakni DDS (36 ) warga Lingkungan VII Kelurahan Galang Kabupaten Deli Serdang, AT (42) warga  Dusun II Desa Karang Tengah Kecamatan Serbajadi Kabupaten Serdang Bedagai dan SR (50) warga Dusun II Jumbing Desa Kelapa Bajohom Kecamatan Serbajadi Kabupaten Serdang Bedagai, yang turut membantu pelaku PS Alias Nomo melarikan diri ke Kota Jambi masing masing di jerat dengan pasal 480 jo pasal 221 KUHPidana dengan ancaman 4 tahun penjara, serendah- rendahnya 9 bulan kurungan.

Pelaku beserta barang bukti selanjutnya diamankan ke Polres Serdang Bedagai. (ts-18)

Loading...
loading...