Gedung Perpustaan dan Arsip Sumut Diberi Nama Tengku Rizal Nurdin

46
Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi meresmikan nama Tengku Rizal Nurdin sebagai nama untuk Gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah ini dilakukan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, Minggu (15/4/2018). (tobasatu.com)

tobasatu.com, Medan | Nama mantan Gubernur Sumut Tengku Rizal Nurdin ditabalkan menjadi nama untuk Gedung Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara, yang terletak di Jalan Brigjend Katamso Medan.

Dijadikannya nama mantan Gubernur Sumut yang wafat dalam insiden jatuhnya pesawat Mandala pada September 2005 itu, diharapkan dapat membuat para generasi penerus bangsa lebih menghormati para pemimpinnya di Sumut yang terdahulu.

Penabalan nama Tengku Rizal Nurdin sebagai nama untuk Gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah ini dilakukan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, Minggu (15/4/2018).

“Negara yang besar adalah yang mengenang sejarah, pendahulu dan pejuang kita dulu, karena keberadaan mereka juga adalah jati diri bangsa ini,” ujar Tengku Erry.

Sebelumnya, kata Tengku Erry, bahwa penabalan nama terhadap gedung atau tempat sudah dilakukan sejak beberapa bulan terakhir ini. Khususnya, ruang rapat di kantor Gubsu yang dulunya menggunakan nama-nama bunga, sekarang semua ruang pertemuan atau ruang rapat diberi nama-nama Gubernur Sumut yang terdahulu. Tujuannya untuk mengenang jasa dan menghormati para mantan pemimpin tersebut.

Untuk itulah, gedung Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara ditambah dengan Tengku Rizal Nurdin agar masyarakat khususnya generasi muda para pelajar dapat mengenang para pemimpin Sumut terdahulu.

Selain itu, Tengku Erry, mengajak para generasi muda untuk gemar membaca dan menambah pengetahuan melalui perpustakaan daerah yang kini memiliki bermacam buku dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan.

“Negara yang maju ditandai tiga aspek yakni museum, perpustakaan dan transportasi , karena dari tiga aspek tersebut wisatawan bisa mengetahui sejarah dari suatu negara tersebut,” ujarnya.

Hal senada dikatakan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sumut Ferlin H Nainggolan  SH, sejak diberlakukannya otonomi daerah nama kantor perpustakaan mengalami beberapa kali perubahan, dari Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi tahun 2008 hingga tahun 2016 menjadi Dinas.

Pemberian nama Tengku Rizal Nurdin, menurutnya, merupakan salah satu upaya mengenang para pemimpin dan tokoh di Sumut.

“Banyak tokoh-tokoh nasional khususnya yang berasal dari Sumut menjadi besar karena dekat dengan buku-buku, maka perlu dijadikan motivasi bagi masyarakat Sumut  dalam membangun sikap, prilaku dan karakter untuk selalu membaca buku kembali,”ujarnya.

Pembangunan gedung perpustakaan merupakan bagian dalam upaya mencerdaskan bangsa dan terutama masyarakat Sumut.

“Saya berharap agar perpustakaan menjadi tempat membaca, menulis dan berdiskusi bagi para pelajar, mahasiswa dan masyarakat. Selain untuk mencerdaskan, kreatif dan inovatif juga memanfaatkan perpustakaan sebagai pusat kegiatan belajar sepanjang hayat,” jelasnya. (ts-02)

Loading...
loading...