Jalan Medan – Berastagi Amblas, Arus Lalulintas Macet Parah

256
Jalan Jamin Ginting di Kilometer 63 Jurusan Medan - Berastagi amblas, persisnya di kawasan Perkampungan Listrik Bawah, yang mengakibatkan arus lalulintas mengalami kemacetan yang cukup parah. (tobasatu.com).

tobasatu.com, Medan | Jalan Jamin Ginting di Kilometer 63 Jurusan Medan – Berastagi amblas, persisnya di kawasan Perkampungan Listrik Bawah. Kondisi ini sangat mengganggu  arus lalulintas terutama di hari libur, karena hampir setengah badan jalan terpaksa ditutup dengan plat baja.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi D DPRD Sumut Baskami Ginting mendesak agar Balai Besar Penanganan Jalan Nasional (BBBPJN) Sumut secepatnya melakukan perbaikan, agar kerusakan tidak semakin meluas dan kemacetan arus lalulintas tidak semakin parah.

“Amblasnya jalan nasional tersebut akibat gerusan air melalui gorong-gorong dari perkampungan Listrik Bawah. Kita berharap kepada pihak BBPJN Sumut untuk secepatnya melakukan perbaikan, guna menghindari semakin meluasnya kerusakan jalan sekaligus mengantisipasi kemacetan lalu-lintas,” ujar Baskami Ginting kepada wartawan, Minggu (15/4) melalui telepon ketika berkunjung ke Berastagi.

Ketika hal ini dikonfirmasi wartawan kepada PPK 18 Satker (Satuan Kerja) Metropolitan Medan BBPJN Sumut Ir I Siburian mengakui jalan nasional tersebut amblas dan untuk sementara, telah digunakan plat baja menutup badan jalan, agar pengguna jalan tidak merasa terganggu.

“Kita juga secepatnya melakukan perbaikan. Saat ini bahan-bahan material untuk perbaikan dan alat berat telah disiagakan di lokasi. Paling lama minggu ini kita sudah memulai pekerjaannya. Masyarakat diharap maklum adanya, karena kemacetan akan terjadi selama proses perbaikan berlangsung,” katanya.

Diakui Siburian, BBPJN tidak hanya memperbaiki jalan yang amblas tersebut, tapi juga akan melakukan perbaikan sepanjang jalan nasional jurusan Medan – Berastagi yang saat ini kondisinya sedang mengalami kerusakan dengan menggunakan anggaran sebesar Rp22 miliar dari APBN TA 2018.

“Perbaikan badan jalan yang amblas ini sudah termasuk bagian dari Rp22 miliar anggaran yang sudah ditampung dalam APBN 2018 untuk Satker Metropolitan Medan. Termasuk perbaikan jalan mulai dari Simpang Selayang, pengerasan bahu jalan antara Tugu Pramuka Sibolangit dengan gerbang masuk Retret Centre Sukamakmur hingga batas Simpang Ujungaji Berastagi Karo serta sejumlah titik lainnya yang mengalami kerusakan,” ujarnya.

Menurut Siburian, saat ini jalan nasional jurusan Medan – Berastagi yang mengalami kerusakan di sejumlah ruas jalan sedang dibeton, ditutup dan distriping (pemerataan gundukan pada bahu jalan). Termasuk kerusakan badan jalan sepanjang 100 meter di desa Bintang Meriah Km 27-28 Kecamatan Pancurbatu.

“Kita akan lakukan perbaikan sesuai dengan anggaran yang telah disediakan, karena kita tidak mau dikarenakan jalan yang rusak masyarakat terganggu akibat terjadi kemacetan yang panjang,” ujar Siburian sembari berharap kepada masyarakat agar bersabar, sebab akan terjadi kemacetan ketika dilakukan perbaikan.(ts-02)

 

Loading...
loading...