Nelayan Resah, Reklamasi Pembangunan Dermaga BICT Pelindo 1 Bikin Kapal Kandas

791
Pembangunan Reklamasi di BICT Pelindo 1 yang masih meresahkan nelayan di Belawan.(foto : tobasatu.com).

tobasatu.com, Belawan I Sejumlah nelayan di Belawan masih resah dan mengeluh adanya reklamasi untuk pembangunan dermaga milik Belawan Internasional Container Terminal (BICT) milik Pelindo 1 Medan.

Pasalnya, setiap air surut kapal mereka yang berukuran kedalaman 2 meter selalu kandas di lokasi pembangunan reklamasi tersebut. Selain itu tidak adanya dibuat rambu-rambu yang permanen,  membuat  nelayan gagal untuk melaut. Nelayan mengharapkan kepada Pelindo 1 segera melakukan kedalaman di alur tempat berlayarnya kapal- kapal ikan di lokasi alur pembagunan reklamasi tersebut.

Syahbandar Utama Belawan Pranyoto, ketika dimintai tanggapannya tentang keluhan nelayan dari Pelabuhan Perikanan Samudra Belawan tersebut mengatakan, keluhan nelayan dibangunnya reklamasi pantai tersebut pasti ada, namun pihak Pelindo 1 selaku pengelola pelabuhan, sudah melakukan alternatif dengan membuat kedalaman 3,5 meter di alur kawasan reklamasi tersebut, serta membuat rambu-rambu yang permanen.

Menurut Syahbandar Utama Belawan ini, kadang-kadang ada kapal nelayan yang melintas di lokasi alur reklamasi melebihi kedalaman draft kapal ikan tersebut, hingga bila air surut kapal mereka menjadi kandas padahal bila air laut pasang alur dengan kedalaman 3,5 meter itu akan bertambah dalam menjadi kedalaman lima meter.

Syahbandar Utama Belawan ini mengharapkan kepada para nelayan, yang melintas di alur tersebut tidak menggunakan draf kedalaman melebihi dari 3,5 meter.

“Karena kita harus mendukung program pemerintah dalam tol laut, dalam program tol laut ini Pelindo 1 Medan melakukan perpanjangan dermaga di Belawan Internasional Container Terminal, dengan memerpanjang dermaga sepanjang 700 meter,” sebutnya.(ts – 14).

 

BACA JUGA  Pelindo 1 Diminta Hentikan Reklamasi Pantai Belawan