30 Balon DPD RI Dapil Sumut Lengkapi Persyaratan di SIPPP

597
Kantor KPU Sumut di Jalan Perintis Kemerdekaan Medan. (tobasatu.com).

tobasatu.com, Medan | Sebanyak 30 Bakal Calon (Balon) anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Utara telah memiliki username dan password di Sistem Informasi Perseorangan Peserta Pemilu (SIPPP), sebagai persyaratan yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU Sumut untuk mendaftarkan diri sebagai legislator jalur perseorangan tersebut.

Menurut Komisioner KPU Sumut Dr.Iskandar Zulkarnain, M.Si, SIPPP itu dipergunakan untuk menginput penyerahan syarat dukungan Balon Anggota DPD RI pada Pemilu 2019.

Dimana, untuk Sumut, sesuai persyaratan dibutuhkan 4.000 dukungan suara yang tersebar di 50 persen kabupaten/kota di Sumut, yakni 17 kabupaten dari 33 kabupaten/kota yang ada di Sumatera Utara.

“Penyerahan syarat dukungan itu dibuka mulai hari ini tanggal 22 April hingga 26 April di Kantor KPU Sumut Jalan Perintis Kemerdekaan Medan,” tutur Iskandar Zulkarnain, kepada tobasatu.com, Minggu (22/4/2018).

Menurut Iskandar, sudah ada 30 balon anggota DPD RI Dapil Sumut yang mengambil Password untuk SIPPP. Dimana, 4 dari 30 Balon DPD yang telah mengambil password itu adalah anggota DPD RI 2014-2019 Dapil Sumut seperti Dedi Iskandar Batubara, Rijal Sirait, Parlindungan Purba, dan Darmayanti Lubis.

Sejumlah tokoh masyarakat Sumut juga sudah mengambil password seperti mantan Gubernur Sumut, Syamsul Arifin, mantan Wali Kota Medan, Abdillah, termasuk pengacara kondang Razman Arief Nasution.

Penyerahan ini hanya tahap awal bagi Balon DPD. Sebab pendaftarannya sendiri baru akan dibuka pada Juli 2018 mendatang.

“Ini baru tahap awal. Sesuai PKPU 7/2017 sebagaimana diubah dalam PKPU 5/2018, pendaftaran calon DPD baru akan dibuka pada 9-11 Juli 2018,” tutupnya.

Selain memiliki username dan password SIPPP, menurut Iskandar, balon DPD RI juga harus mendaftarkan nama narahubung (LO), dan operator  yang bertugas untuk menginput SIPPP.

BACA JUGA  Parpol Coret Kader Terlibat Korupsi dari Daftar Caleg

“Mereka baik narahubung maupun operator balon DPD RI ini sebelumnya juga telah mendapatkan bimbingan teknis atau Bimtek, sesuai PKPU nomor 14 tahun 2018,” ujar Iskandar.

Sementara itu, dari 30 Balon Anggota DPD RI yang telah mengambil password SIPPP diantaranya adalah Abdillah (mantan Wali Kota Medan), Abdul Hakim Siagian (mantan Anggota DPRD Sumut), Aidan Nazwir P, Ali Yakub Matondang, Badikenita BR S, Darmayanti Lubis, Dedi Iskandar, Faisal Amri, H. Syamsul Hilal, Hakrin Jefri, Hendriyanto, Henkie Yusuf Wau, Ikrimah Hamidy, Jumeldi Gunawan, M. Nursyam, Marnix Sahata, M. Nuh, M. Said, Nurhasanah, Parlindungan Purba, Pdt. Willem TP S, Raidir S, Razman Arif, Rijal Sirait, Solahuddin Nasution, Sultoni Tri K, Sultan Erwin, Syamsul Arifin, Tarida H S, serta Tolopan S.

Dari 30 Balon Anggota DPD RI tersebut, Dedi Iskandar Batubara balon pertama yang resmi mendaftarkan syarat dukungan ke KPU Sumut, Minggu (22/4/2018), atau di hari pertama penerimaan syarat dukungan. Dedi menyerahkan dukungan 7 ribu lebih suara yang dibuktikan dengan salinan atau fotokopi KTP elektronik atau surat keterangan (Suket) dari Disdukcapil. (ts-02)

Loading...
loading...