Tiga Bom Meledak di Surabaya, Kapoldasu Perintahkan Perketat Keamanan di Sumut

77
Kapoldasu Irjen Pol Paulus Waterpau. (ist)

tobasatu.com, Medan | Tiga bom meledak di tiga gereja yang diduga kuat dilakukan oleh pengantin bom, Minggu (13/5/2018) pagi.

Peristiwa ledakan itu pun mendapat perhatian dari Kapolda Sumut, Irjen Paulus Waterpauw melalui pesan siaran di grup Whatsapp wartawan.

Kapolda Sumut berpesan untuk melakukan pengamanan di sejumlah tempat. Perintah tersebut ditujukan ke Pejabat Utama Poldasu, Kapolrestabes Medan, Kapolres jajaran Poldasu dan Para PA/Ba.

Tujuan pesan yang disampaikan oleh kapolda, pertama , agar memerintahkan para perwira dan anggota jajaran untuk melakukan ekstra pengamanan di gereja-gereja atau tempat ibadah yang ada di wilayah hukum masing-masing.

Kedua lakukan kerjasama dengan pihak petugas pengaman gereja agar ikut membantu mengatur sistem pengamanan para jemaat yang akan melakukan ibdah minggu pagi ini sampai sore, hingga malam hari.

Ketiga, prioritas pada gereja-gereja yang terletak strategis dan memiliki banyak jemaat. Ke-empat, usahakan mengatur perpakiran mobil agak menjauh dari gereja guna mengurangi pelaku memanfaatkan keramaian umat yang silih berganti mengikuti ibadah.

Ke-lima, anggota agar tetap waspada terhadap serangan sporadis dengan sasaran para anggota Polri.

Ke-enam agar ikut memberikan pengumuman pada Gereja-gereja untuk tetap tenang dan ikut membantu secara sungguh sistem pengamanan anggota jemaat. Khusus untuk pembawa tas agar tidak dibawa dalam gereja namun bisa dititipkan di tempat tertentu yang telah diatur bersama perugas pengamanan gereja.

Dan yang terakhir agar laksanakan atensi ini dan melaporkan segera aktivitas kegiatan sebagaimana atensi tersebut di atas. (ts/03)

Loading...
loading...