Distribusi Surat Suara Pilgubsu, Tiga Kecamatan di Langkat Ini Sulit Dijangkau

177
Komisioner KPU Sumut Iskandar Zulkarnain saat meninjau distribusi suara suara Pilgub Sumut di Kabupaten Langkat, Kamis (8/6/2018). (tobasatu.com)

tobasatu.com, Medan | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Langkat sudah memetakan tiga kecamatan yang paling sulit dijangkau untuk pendistribusian surat suara, yakni di Kecamatan Pangkalansusu, Tanjungpura dan Gebang.

“Ya, tiga kecamatan tersebut yang sulit terjangkau sampai ke lokasi (tempat pemungutan suara) yakni harus menyeberang laut. Jadi untuk menuju lokasi atau TPS harus naik kapal atau sejenisnya. Untuk antisipasinya petugas kami mendahulukan distribusinya ke tiga kecamatan itu dibanding kecamatan lain,” ujar Ketua KPU Langkat, Agus Arifin didamping Komisioner Adlina Sarah kepada wartawan di kantornya Jl. Kartini, Kabupaten Langkat, Rabu (7/6/2018).

Hal itu diungkapkan Agus Arifin dalam rangka presstour Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Unit KPU Sumut guna memonitoring surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) pada 27 Juni 2018.

Dia menyebutkan, logistik surat suara Pilgubsu sudah sampai dan diterima pihaknya pada 4 Juni sekitar pukul 07.00 WIB. Dimana langsung diserahkan ke gudang penyimpanan di Gedung Serba Guna Manunggal Langkat Berseri. “Nah, mulai 6 sampai 8 Juni kita lakukan penyortiran dan pelipatan kertas suara,” katanya.

Adapun jumlah surat suara untuk Kabupaten Langkat sebanyak 693.887 lembar sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) Langkat.

“Ditambah surat suara cadangan 2,5 persen sehingga kebutuhan kita disini sebanyak 712.148 lembar ditambah 2000 lembar untuk pemilihan suara ulang,” terangnya seraya menyebut untuk pekerja yang melipat surat suara diberi upah Rp150 per lembar.

Kesempatan itu turut hadir Komisioner KPU Sumut Iskandar Zulkarnain beserta staf, ikut meninjau gudang penyimpanan surat suara. Dimana kondisinya sudah disegel dan dikunci yang dipegang pihak KPU, Panwaslih dan kepolisian Langkat.

“Yang rusak ada cuma kita belum rekap berapa jumlahnya. Disamping surat suara Pilgubsu juga sedang dalam perjalanan surat suara untuk Pilkada Langkat,” imbuh Sarah.

BACA JUGA  Edy Rahmayadi Absen Saat Penetapan Gubsu-Wagubsu Terpilih

Sementara itu, Iskandar Zulkarnain mengharapkan tidak ada kendala dalam hal pendistribusian surat suara Pilgubsu ke seluruh TPS di Kabupaten Langkat. “Insya Allah dalam minggu ini surat suara Pilgubsu sudah tiba di semua kabupaten/kota di Sumut. Dan lebih lanjut kita akan melihat sekaligus distribusi kotak suara ke TPS di Kabupaten Langkat ini,” katanya. (ts-02)

Loading...
loading...