Lagi, Polsek Lahusa Gagalkan Peredaran 210 Liter Tuak Suling

46

tobasatu.com, Nias Selatan | Polsek Lahusa Polres Nias Selatan kembali menggagalkan peredaran ratusan liter minuman keras jenis tuak suling, Kamis (7/6/2018) sore kemarin.  Sebanyak 210 liter ruak suling itu diamankan dari dua lokasi berbeda dari 2 orang warga.

Keberhasilan petugas menyita ratusan liter minuman memabukkan itu saat melangsungkan Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (K2YD) di Jalan Lahusa Teluk Dalam, Kecamatan Lahusa, Kabupaten Nias Selatan.

Kapolres Nias Selatan AKBP Faisal F Napitupulu, melalui Kapolsek Lahusa Iptu Catur Haryadi mengatakan, pihaknya curiga akan gerak gerik kedua orang yang membawa tuak tersebut. Setelah dilakukan pemeriksaan, petugas menemukan tuak suling itu.

“Tuak suling tersebut kita amankan saat melaksanakan Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (K2YD) di jalan Lahusa Teluk Dalam. Total miras yang disita ada 6 jerigen, dengan volume kurang lebih 210 liter,” jelas Catur.

Sebutnya, 6 jerigen tuak suling itu disita dari Tadeus Temazisokhi Zagoto (35), warga Desa Bawonahono, Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan. “Tuak tersebut diperoleh dari Desa Sifandruria Kecamatan Gido, Kabupaten Nias dengan menggunakan mobil mobil pick up BK 8270 CJ, dan akan dibawa ke Desa Hilimagari, Kecamatan Toma, Kabupaten Nas Selatan,” ungkap Catur.

Sedangkan seorang lagi adalah Aroza’a Gowasa (55), warga Desa Bawodobara, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selata.

“Yang nersangkutan membawanya dengan sepeda motor BB 2513 LW. Aroza’a mengaku jika tuak suling tersebut dititipkan oleh seorang warga Desa Lahusa Satu, Kecamatan Lahusa dan akan dibawa ke Teluk Dalam. Tuak tersebut rencana nya akan digunakan keperluan pesta pernikahan,” ujarnya.

Catur mengungkapkan, setelah keduanya didata dan membuat surat perjanjian di Polsek untuk tidak mengedarkan atau menjual minuman keras, kedua warga tersebut pun pulangkan, namun barang bukti 6 jerigen tuak suling disita sebagai barang bukti.

“Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan akan terus kita laksanakan sesuai atensi Kapolres Nias Selatan, terlebih dengan sasaran narkoba, kejahatan jalanan dan minuman keras,”pungkasnya. (ts-03)

Loading...
loading...