Muhammadiyah Tetapkan Idulfitri 1439 H Jatuh pada Hari Jumat

757

tobasatu.com, Jakarta | Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan Hari Raya Idulfitri 1439 Hijriah jatuh pada Jumat (15/6/2018).

Diungkapkan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan, penetapan berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal, ijtimak jelang Syawal 1439 H terjadi pada, Kamis (14/6/2018) pukul 02.45 WIB.

“Umat Islam hendaknya melaksanakan ibadah sesuai sunah Nabi Muhammad antara lain membayar zakat fitrah, memperbanyak membaca takbir, dan menunaikan shalat Idul Fitri,” kata Haedar, Jakarta, Rabu (13/6/2018).

Dia menambahkan, dengan mengumandangkan takbir di masjid atau musala dengan pengeras suara merupakan hal yang bagus sebagai syiar Islam.

Namun, dirinya mengingatkan, mengumandangkan takbir dengan tetap memperhatikan kenyamanan lingkungan dan menghormati masyarakat yang berbeda-beda keyakinan.

“Apabila melaksanakan takbir keliling hendaknya senantiasa dilakukan dengan baik, mematuhi aturan lalu lintas, menjaga ketertiban umum dan berkoordinasi dengan kepolisian dan aparatur pemerintah yang terkait,” tandasnya dilansir dari inilah.

BACA JUGA  Kapolri Ajak Pemuda Muhammadiyah Bangun Ketahanan Nasional