Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Masyarakat Jika Ingin Mencoblos

284
Komisioner KPU Sumut Ir.Benget Silitonga. (tobasatu.com)

tobasatu.com, Medan | Sebanyak 9.050.622 jiwa penduduk Sumatera Utara yang telah memiliki hak pilih akan melakukan pemungutan suara untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut periode 2018-2023, Rabu (27/6/2018). Lantas apa saja syarat yang harus dibawa masyarakat ke TPS agar dapat mencoblos?.

Menurut Ketua KPU Sumut Mulia Banurea, didampingi Komisoner Ir.Benget Silitonga dan Yulhasni, untuk bisa melakukan pencoblosan, masyarakat terlebih dahulu harus terdafar sebagai pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), dan datang ke TPS dengan membawa surat undangan Formulir C6 berikut KTP Elektronik (E-KTP) atau surat keterangan dari Disdukcapil.

Komisioner KPU Sumut Benget Silitonga menjelaskan, pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dilakukan berbasis domisili. Artinya masyarakat dapat mencoblos di TPS di daerah tempat dia terdaftar.

Namun warga yang tidak berada di tempat domisilinya juga dapat melakukan pencoblosan dengan mengurus surat pindah memilih (Formulir A5) yang telah disetujui KPU.

Sesuai pasal 25 Peraturan KPU (PKPU) No.2 tahun 2017, pengurusan formulir A harus mengurus Formulir A5 dilakukan  selambatnya 3 hari menjelang hari pemungutan suara.

“Itu artinya selambatnya pada tanggal 24 Juni kemarin pemilih pindahan harus sudah mengurus formulir A5 nya, agar dapat mencoblos pada 27 Juni,” tutur Benget.

Namun, KPU memberikan syarat tertentu bagi masyarakat untuk bisa menjadi pemilih pindahan, yakni mereka yang tengah menderita sakit keras, korban bencana alam atau mereka yang ditahan karena sesuatu hal (narapidana).

“Prosedur normalnya mengurus formulir A5 selambatnya H-3,” ujar Benget. Penetapan batas waktu ini dimaksudkan untuk menghindari jumlah pemilih pindahan yang tidak terkontrol.

Benget mengatakan dalam Pilgubsu 2018, pengurusan formulir A5 tujuan terbanyak adalah Kota Medan yakni sekitar 400-an pemilih.

BACA JUGA  Djarot – Sihar Pendaftar Terakhir ke KPU Sumut

Lantas bagaimana dengan pemilih yang tidak terdaftar di DPT?. Menurut Benget mereka yang tidak terdaftar di DPT tapi memiliki E-KTP atau Suket, tetap dapat mencoblos pada pukul 12.00 WIB – 13.00 WIB, hanya di TPS sesuai domisili di E-KTP, dan tergantung ketersediaan surat suara.

Pilgubsu akan diikuti dua pasangan calon yakni pasangan nomor urut 1 Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah (Eramas) serta pasangan nomor urut 2 Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus (Djoss). (ts-02)

 

Loading...
loading...