9 Lembaga Survey akan Hitung Cepat Hasil Suara Pilgubsu 2018

619
Komisioner KPU Sumut Yu;hasni. (tobasatu.com)

tobasatu.com, Medan | Sebanyak 9 lembaga survey atau jajak pendapat akan melakukan penghitungan cepat (quick count) hasil suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Rabu (27/6/2018).

Komisioner KPU Sumut Yulhasni menyebutkan, 9 lembaga survey itu diantaranya adalah Indobarometer, I News, Charta Politica, Voxpol, Centre Research and Consulting, PT.Indikator Politik Indonesia, Saiful Mujani Research and Consulting, PT.Citra Publik, Populi Centre serta Cyrus Network.

“Lembaga survey ini telah mendaftarkan diri ke KPU Sumut dan sudah di SK kan,” sebut Yulhasni kepada wartawan di Kantor KPU Sumut Jalan Perintis Kemerdekaan, Selasa (26/6/2018).

Selain lembaga survey, menurut Yulhasni, telah mendaftarkan diri pula ke KPU Sumut 3 lembaga pemantau yakni : Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat, Komite Independent Pemantau Pemilu (KIPP) serta Research Centre for Politics and Government (Polgov) Universitas Gajah Mada.

Penghitungan suara yang dilakukan oleh 9 lembaga survey ini akan bisa dilihat setelah 2 jam berakhirnya masa pemungutan suara, dimana pemungutan suara berlangsung mulai pukul 07.00 WIB pagi hingga pukul 13.00 WIB siang.

Yulhasni mengimbau masyarakat untuk tetap menunggu hasil rekapitulasi berjenjang yang akan dilakukan KPU Sumut, hingga nantinya ditetapkan secara resmi melalui rapat pleno.

“Penghitungan cepat sah-sah saja, tapi yang sah tentunya adalah hasil rekapitulasi yang dilakukan KPU Sumut,” ujar Yulhasni. (ts-02)

 

BACA JUGA  Nyaris Sama, Surat Suara untuk Pemilihan Gubernur dan Bupati Membingungkan Masyarakat
Loading...
loading...