HUT ke-428 Kota Medan Jadi Momentum Refleksi dan Evaluasi

174
Sekda Provsu Dr Ir Hj R Sabrina MSi memberikan piagam kepada Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung dan Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, saat Paripurna Istimewa memperingati HUT ke-428 Kota Medan, Jumat (29/6/2018). (tobasatu.com)

tobasatu.com, Medan | Kota Medan akan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-428 tepat pada 1 Juli 2018. Kalangan wakil rakyat pun menyampaikan harapannya agar pemerintah kota semakin meningkatkan pembangunan infrastruktur dan pelayanan kepada masyarakat.

Peringatan HUT ke-428 Kota Medan ini ditandai dengan rapat Paripurna Istimewa DPRD Medan, yang dipimpin Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung SE, SH, MH, didampingi Wakil Ketua H.Ihwan Ritonga, SE, Iswanda Ramli, dan Burhanuddin Sitepu, Jumat (29/6/2018).

Paripurna Istimewa memperingati HUT ke-428 Kota Medan dipimpin Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung, Jumat (29/6/2018). (tobasatu.com)

Rapat dihadiri Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi, Wakil Wali Kota Ir.Akhyar Nasution serta Sekda Kota Medan Ir.Saiful Bahri Lubis, serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Medan, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan undangan lainnya.

Paripurna Istimewa tersebut juga dihadiri Sekda Provsu Dr Ir Hj R Sabrina, MSi mewakili Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kota Medan Henry Jhon Hutagalung menyatakan bahwa peringatan HUT ke-428 Kota Medan ini bukan hanya seremonial belaka. Namun merupakan momentum untuk melakukan refleksi dan evaluasi.

Rapat dihadiri Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi, Wakil Wali Kota Ir.Akhyar Nasution serta Sekda Kota Medan Ir.Saiful Bahri Lubis, serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Medan, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda, Jumat (29//2018). (tobasatu.com)

“HUT Kota Medan memberi energy positif untuk mendorong peningkatan kinerja Pemerintah Kota Medan di bawah kepemimpinan Dzulmi Eldin. Hari Jadi Kota Medan juga dapat menjadi pembelajaran bahwa masyarakat Kota Medan yang multikultural ini bisa berdampingan dengan aman dan damai,” tutur Henry Jhon.

Henry Jhon berharap media juga ikut memberikan hal yang positif tentang pembangunan di Kota Medan, karena keberhasilan pembangunan menurutnya bisa terwujud jika didukung oleh semua pihak.

Sementara itu Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi, dalam sambutannya mengimbau masyarakat, untuk menjadikan HUT ke-428 Kota Medan yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2018 itu sebagai momentum untuk kian mempersatukan warga, memajukan peradaban, dan kian memartabatkan Medan Rumah Kita.

Selanjutnya, Dzulmi Eldin, menyebutkan bahwa 428 tahun tentulah bukan usia yang muda lagi. Maka, sudah sepantasnya hari jadi ini disambut dengan penuh harapan besar, serta semarak dirayakan bersama dengan seluruh lapisan masyarakat Kota Medan.

Ketua DPRD Kota Medan Henry Jhon Hutagalung menyatakan bahwa peringatan HUT ke-428 Kota Medan ini bukan hanya seremonial belaka. Namun merupakan energy positif untuk mendorong peningkatan kinerja Pemerintah Kota Meda. (tobasatu.com)

Untuk itu, kata Dzulmi Eldin, berbagai perhelatan menarik telah dipersiapkan oleh Pemko untuk menyemarakkan HUT tahun ini. Katanya, semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berlomba-lomba menghadirkan acara menarik yang diperuntukkan bagi seluruh warga kota.

Diantara sejumlah kegiatan yang akan digelar, menurut Eldin, adalah Colorful Medan Carnaval 2018 yang akan berlangsung tanggal 30 Juni – 1 Juli 2018, di Lapangan Merdeka. Kemudian Medan Great tanggal 1 – 8 Juli, Pesona Colorful Medan pada 7 Juli di Jl. Pulau Pinang, dan Inbox  Carnaval, tanggal 14 – 15 Juli.

Selain itu, kata Eldin, Pemko juga akan menggelar pemeriksaan mata gratis, dan pemberian kaca mata gratis. Selanjutnya pemeriksaan TB Paru, pemeriksaan gizi buruk, dan pemeriksaan gula darah secara gratis.  Juga ada Papsmear gratis, serta aksi donor darah, sebagai bentuk kepedulian terhadap mereka yang membutuhkan.

Ketua DPRD Medan Henry Jhon berharap media juga ikut memberikan hal yang positif tentang pembangunan di Kota Medan, karena keberhasilan pembangunan menurutnya bisa terwujud jika didukung oleh semua pihak. (tobasatu.com)

Wali Kota Dzulmi Eldin, juga mengklaim masih banyak lagi aktivitas yang diadakan untuk acara hari jadi ke-428 Kota Medan tahun ini.

“Tapi semua aktivitas tersebut tidak akan semarak tanpa bantuan dukungan dan kehadiran seluruh lapisan pemerintah dan masyarakat yang peduli terhadap perkembangan kota ini,” katanya.

Disebutkan Eldin, disadari bahwa menggelar perhelatan akbar di kota yang berbilang kaum ini tentulah bukan perkara yang mudah. Akan selalu ada pihak yang mengkritisi, menghujat, maupun memandang hal ini sebagai seremonial yang hanya menghamburkan dana semata.

“Namun dengan usaha yang sungguh-sungguh dan diiringi oleh keyakinan yang kuat, maka apapun program yang ingin dilakukan Insha Allah akan dapat kita laksanakan bersama, yang semuanya bermuara pada kepentingan seluruh lapisan warga Kota Medan,” kata Dzulmi Eldin.

Sekda Provsu Sabrina saat menghadiri Paripurna Istimewa memperingati HUT ke-428 Kota Medan, Jumat (29/6/2018). (tobasatu.com)

Sementara itu Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) Dr Ir Hj R Sabrina MSi menyatakan pembangunan daerah memiliki banyak masalah dan tantangan yang kompleks. Sementara pemerintah memiliki keterbatasan dalam membangun daerahnya. Karena itu, seluruh elemen masyarakat dan para pemangku kepentingan harus bergandengan tangan mendukung pembangunan Kota Medan.

“Dengan begitu semua hambatan, tantangan dalam berbagai sektor pembangunan, dapat diselesaikan. Itu untuk mewujudkan Kota Medan yang religius, maju, dan mandiri,” katanya.

Pj Gubsu juga mengapresiasi seluruh elemen masyarakat yang berpartisipasi dalam menjaga keamanan, ketertiban dan kedamaian di Kota Medan dan Sumatera Utara (Sumut), selama penyelenggaraan Pilkada serentak yang aman dan kondusif.

“Terima kasih kepada masyarakat Sumatera Utara dan Kota Medan telah menggunakan hak pilihnya dan berperan serta menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban, mudah-mudahan ini dapat kita pertahankan,” ujarnya.

Terkait dengan Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) yang akan diselenggarakan di Sumut, diharapkan dukungan dari semua pihak untuk kelancaran dan kesuksesan acara tersebut.

“Kita harus menjadikan provinsi Sumatera Utara, terutama Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang menjadi tuan rumah yang sukses dalam pelaksanaan kegiatan dan sukses dalam perlombaan,” katanya. (nona)

Loading...
loading...