Sepeda Nusantara Digelar Serentak untuk Meriahkan Asian Games 2018

340
Wali Kota Medan Dzulmi Eldin melepas peserta pawai Sepeda Nusantara, Minggu (29/7/2018) di Jalan Pulau Pinang, Medan. (tobasatu.com)

tobasatu.com, Medan | Masyarakat Kota Medan antusias mengikuti event Sepeda Nusantara, yang digelar secara serentak di 70 kabupaten/kota dari 34 provinsi se-Indonesia, Minggu (29/7/2018).

Event ini telah digelar sejak 13 Mei 2018 dan berakhir 18 November mendatang. Penyelenggaraannya dimaksudkan untuk mendukung sukses Asian Games tahun 2018, yang akan digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus – 2 September 2018.

Pawai Sepeda Nusantara dilepas secara resmi oleh Wali Kota Medan Dzulmi Eldin bersama Menpora diwakili Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Kemenpora RI  Drs Imam Gunawan MAP, Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution serta seluruh peserta yang menggowes mengikuti rute yang telah ditetapkan.

Sebanyak 2.000 masyarakat maupun komunitas sepeda yang ada di Kota Medan ikut andil dalam event ini.

Sepeda Nusantara mengambil start dari  Jalan Pulau Pinang, selanjutnya bergerak menuju Jalan Gatot Subroto, Iskandar Muda, S Parman, Patimura, Mongonsidi, Juanda, Brigjen Katamso, Pemuda, Balai Kota serta finish kembali di Jalan Pulau Pinang.

Selain bersepeda, event ini juga dimeriahkan dengan sejumlah permainan tradisionil seperti enggrang, terompah raksasa, galasin serta bola tangan.

Antusiasme masyarakat dan komunitas bersepeda sangat tinggi atas event Sepeda Nusantara 2018.

Sejak pagi mereka telah berkumpul di seputaran Lapangan Merdeka menunggu detik-detik pelepasan dilakukan.

Selain ingin menyalurkan hobi bersepeda, mereka juga tertarik dengan hadiah yang  disediakan bagi peserta diantara sejumlah sepeda serta satu unit sepeda motor disediakan sebagai hadiah utama.

Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Kemenpora mengatakan, Sepeda Nusantara  merupakan program olahraga yang dicanangkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk mengajak masyarakat gemar berolahraga. Tidak hanya bersepeda, masyarakat juga diajak untuk berolahraga lainnya.

“Disamping mengajak masyarakat berolahraga, kegiatan ini kita gelar untuk mendukung suksesnya Asian Games dan Asian Para Games 2018, sebab kita (Indonesia) menjadi tuan rumah. Untuk itu mari kita dukung dan sukseskan kedua kegiatan olahraga internasional tersebut,” ujar Imam Gunawan. (ts-02)

BACA JUGA  Wali Kota Tinjau Persiapan Akhir Ramadhan Fair
Loading...
loading...