Tak Pajang Foto Wagubsu dalam Spanduk MTQN, Dewan Soroti Biro Humas Pemprov Sumut

1146
Seminar Informasi Aktual terkait pesiapan MTQ Nasional di Sumut tidak memuat foto Wagubsu. Hanya ada foto Gubsu, Sekda Provsu dan dua pembicara di dalam spanduk yang dipasang Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu. (tobasatu.com)

tobasatu.com, Medan | Ketua Komisi A DPRD Sumut HM Nezar Djoeli menyoroti penyelenggaraan Seminar Informasi Aktual sekaligus pemaparan tentang persiapan MTQ Nasional ke XXVII yang diselenggarakan Biro Humas dan Keprotokolan, Rabu (12/9/2018).

Pasalnya, tak terlihat foto Wagub Sumut Musa Rajekshah dalam spanduk itu. Hanya terlihat foto Gubsu Edy Rahmayadi, Sekda Provsu Sabrina serta dua orang pembicara yakni Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI Prof Dr Muhammadiyah Amin MAg serta akademisi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) Syahrin Harahap.

Menurut Nezar Djoeli, kecerobohan Biro Humas dan Keprotokolan yang dipimpin Ilyas Sitorus, yang tidak memajang foto Wagubsu itu dapat memicu perpecahan diantara dua pemimpin Sumut yang baru saja dilantik itu.

“Sebagai ketua komisi A saya mempertanyakan dan sangat menyayangkan keberadaan spanduk yang tidak mencantumkan foto Wagubsu. Sementara kita lihat di spanduk itu selain foto Bapak Gubernur ada foto Sekda dan foto narasumber lainnya. Ini kecerobohan atau disengaja? Yang jelas hal itu telah memancing keresahan dan ketidaknyamanan . Makanya kita menduga hal ini sengaja dilakukan sebagai upaya memecah-belah. Kalau hal itu benar adanya sangat kita sayangkan dan patut dievaluasi,” tegas Nezar Djoeli kepada wartawan Rabu (12/9/2018).

Ditegaskan Nezar, dirinya meminta agar pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) meninggalkan cara-cara lama di era Sumut Bermartabat. Pasalnya, di masa-masa pemerintahan sebelumnya antara gubernur dan wakil gubernur hubungan mereka menjadi kurang harmonis akibat ulah para bawahan mereka yang tidak profesional dalam melaksanakan tugas.

“Kepada OPD terkait saya minta agar gaya-gaya lama jangan lagi diperagakan di era pemerintahan Sumut yang bermartabat. Dan jangan ada lagi OPD-OPD yang berusaha mengambil panggung dalam menjalankan tugas dan tupoksinya. Sumut harus bersatu padu dalam mengejar program yang dicanangkan oleh pemerintahan Gubsu Edi Rahmayadi dan Musa Rajekshah. Saya minta bu Sekda agar menegur panitia pelaksana” pungkasnya.

BACA JUGA  MTQN ke XXVII Akan Diresmikan Presiden Jokowi Pada 7 Oktober

Kabiro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu, Ilyas Sitorus saat dikonfirmasi terkait tidak dipajangnya foto Wagubsu dalam spanduk seminar tersebut karena spanduk telah penuh dengan foto.

“Spanduknya sudah penuh foto. Kan enggak mungkin banyak foto dari pada tulisannya,” ujar Ilyas.

Ilyas pun mengatakan bahwa berdasarkan laporan yang diterima dari Kabag bawahannya kalau pemilihan foto-foto dilakukan hanya untuk pembicara dan Gubsu Edy Rahmayadi yang semula dijadwalkan untuk membuka acara.

“Berdasarkan laporan dari Kabag bahwa foto yang di spanduk adalah foto para pembicara saja. Keynote speaker sekaligus membuka acara sudah terjadwal Pak Gubsu. Materi perjalanan MTQ dari masa ke masa Prof Muhammadiyah Amin Dirjen Bimas Kemenag RI, Bicara tentang kesiapan MTQN ke XXVII  Ibu Sekda Sabrina selaku ketua umum dan pengamat sosial Prof Syarin Harahap dari UINSU. Makanya foto-foto mereka semua,” ujar Ilyas. (ts-02)